Kamis, 10 Okt 2019 13:14 WIB

Duet Boeing-Virgin Galantic Wujudkan Wisata Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Virgin Galactic Foto: Virgin Galactic
Jakarta - Virgin Galactic yang tengah mengembangkan industri wisata luar angkasa bikin Boeing kepincut. Raksasa dirgantara tersebut pun menginvestasikan USD 20 juta atau Rp 283 miliar ke kantong Virgin Galactic.

"Ini adalah awal dari kolaborasi penting untuk masa depan terkait perjalanan udara dan luar angkasa, yang merupakan langkah alami berikutnya untuk program luar angkasa untuk manusia," kata Pendiri Virgin Galactic Richard Branson dikutip dari Space, Kamis (10/10/2019).

Lebih lanjut, Richard mengatakan, kedua belah pihak akan berbagi visi untuk membuka akses dunia dan luar angkasa kepada lebih banyak orang. Tentunya, kata dia, itu dilakukan dengan cara aman dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.



Menurut Boeing sendiri, suntikan dana segar yang digelontorkan perusahaannya kepada Virgin Galactic sebagai upaya mereka dalam mendorong komersialisasi wisata luar angkasa. Selain itu juga, memperluas akses konsumen ke bentuk transportasi baru yang aman, efisien, dan bertanggungjawab terhadap lingkungan.

"Pekerjaan kami dengan Virgin Galactic dan lainnya akan membantu membuka masa depan perjalanan luar angkasa dan mobilitas berkecepatan tinggi," kata Brian Schettler selaku Direktur Pelaksana Senior Boeing HorizonX Ventures.

Kesepakatan ini belum final, itu akan menjadi resmi setelah Virgin Galactic menjadi perusahaan publik melalui kombinasi bisnis dengan Social Capital Hedosophia Holding Corp. Proses tersebut diperkirakan akan terjadi sebelum akhir tahun ini.



Dalam mengantarkan wisatawan ke antariksa, Virgin Galactic akan menggunakan Pesawat SpaceShipTwo, yang dikenal VSS Unity, punya kapasitas enam orang dan 2 kru ini hampir siap diterbangkan ke orbit dan kembali lagi ke bumi. Pesawat yang telah melalui serangkaian uji coba tersebut akan dipindahkan ke Spaceport America di New Mexico, Amerika Serikat, sebuah pusat wisata komersial yang dikelola Virgin Galactic.

SpaceShipTwo dirancang untuk meluncur di angkasa setelah diangkut oleh pesawat WhiteKnigtTwo. Proses peluncuran ini terjadi setelah berada di ketinggian 50.000 kaki atau 15.000 meter dari daratan.

Setelah itu, SpaceShipTwo yang dibekali roket pendorong akan membawa penumpang merasakan beberapa menit tanpa bobot alias nol gravitasi. Di saat bersamaan, wisatawan bisa melihat langsung lengkungan Bumi dengan latar belakang ruang antariksa yang gelap.

Untuk menikmati sensasi perjalanan tersebut tidak murah. Virgin Galactic mematok tiket sebesar USD 250 ribu atau Rp3,5 miliar. Kendati begitu, lebih dari 600 orang telah membayar DP untuk jadi penumpang wisata luar angkasa ini.

Simak Video "Boeing 737 Max 8 Dilarang Jadi Angkutan Lebaran 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)