Kamis, 26 Sep 2019 05:59 WIB

Tak Ingin Manusia Punah karena Asteroid, NASA Ambil Langkah Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi. Foto: BBC Magazine Ilustrasi. Foto: BBC Magazine
Washington - NASA makin serius menanggulangi ancaman asteroid yang bisa membahayakan Bumi. Lembaga antariksa Amerika Serikat itu berencana untuk meluncurkan teleskop antariksa untuk mengamati asteroid yang berbahaya sebagai bagian sistem pertahanan planet ini.

Dikutip detikINET dari Business Insider, teleskop bersangkutan akan menggunakan radiasi infrared untuk mendeteksi panas dari bebatuan yang berkeliaran di antariksa. Sebutannya adalah Near-Earth Object Surveillance Mission (NEOSM).

"Ini adalah langkah besar tentang takdir manusia, karena dinosaurus tentunya tidak punya program survei asteroid untuk melindungi diri mereka," kata Richard Binzel, profesor ilmu planet di MIT.

Ia merujuk pada punahnya dinosaurus yang diduga kuat karena hantaman dahsyat asteroid. Kejadian semacam itu berpotensi terjadi kembali suatu saat di masa depan sehingga manusia harus mengambil langkah antisipasi semacam ini.

"Mengetahui apa yang ada di luar sana adalah sesuatu yang telah diadvokasi komunitas ilmu planet selama hampir 30 tahun. Jadi ini adalah sebuah langkah terobosan," tandasnya.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)