Rabu, 25 Sep 2019 20:50 WIB

Video Mengerikannya Es yang Meleleh di Kutub

Aisyah Kamaliah - detikInet
Penampakan salah satu lapisan es di Arktik pada Juni 2018 Foto: Dok. REUTERS/Lucas Jackson Penampakan salah satu lapisan es di Arktik pada Juni 2018 Foto: Dok. REUTERS/Lucas Jackson
Jakarta - Sebuah video yang dirilis NASA's Scientific Visualization Studio membuat netizen terperangah. Visualisasi ini menggambarkan lelehan es di Arktik dari 1984 sampai 2019 setelah musim panas.

Bagian berwarna putih menggambarkan es yang sudah lama terbentuk sementara biru muda adalah es yang mencair dan menjadi laut 'muda', dilansir Now This.



Secara mengerikan, warna putih mencair dan menyisakan sedikit saja bagiannya. Itu berarti es yang mencair sudah sangat banyak.

Dijelaskan tahun 1988, laut tertutup es sebanyak 3 juta 121 ribu kilometer persegi, kini hanya tersisa 116 kilometer persegi.

"Saat ini kita hanya menunggu kita sadah telah terlambat untuk melakukan sesuatu mengenai hal itu," kata seorang netizen

"Ini membuatku menangis. Aku sangat sedih dengan keadaan bumi ini," sahut yang lain.

"Ini nggak bagus."

Itulah dampak pemanasan global yang mengerikan. Kalau menurut kalian gimana detikers soal urusan global warming dan es di kutub yang terus mencair?



Simak Video "Video NASA Detik-detik Merkurius Lintasi Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)