Sabtu, 21 Sep 2019 15:02 WIB

5 Fakta Ular 'Berkaki' yang Mati Terbakar di Riau

Puti Yasmin - detikInet
5 Fakta Ular Berkaki yang Mati Terbakar di Riau/Foto: (dok KPBD Indragiri Hulu) 5 Fakta Ular Berkaki yang Mati Terbakar di Riau/Foto: (dok KPBD Indragiri Hulu)
Jakarta - Sebuah video memperlihatkan seekor ular berkaki mati akibat terbakar di hutan Riau. Diketahui, kebakaran tengah terjadi di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan.

Video ular berkaki itu pun menghebohkan masyarakat di media sosial. Apakah benar ada ular berkaki? Berikut fakta-fakta yang dirangkum detikcom:


1. King Cobra

Menurut reptiler Panji Petualang, ular berkaki yang terbakar merupakan jenis king kobra jantan. Hal itu diungkapkannya dalam akun Instagaramnya. Demikian pula Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat, menyatakan hal yang sama.

2. Kelamin Ular

Panji juga menjelaskan bahwa kaki yang berada di bagian dekat dengan pangkal ekor ular tersebut bukanlah 'kaki' sesungguhnya, melainkan hemipenis, yaitu alat kelamin hewan ini.

3. Penyebab Kelamin Keluar

Ahli Herpetologi LIPI, Amir Hamidy menjelaskan penyebab keluarnya kelamin ular jantan tersebut pada ular berkaki karena kepanasan akibat kebakaran hutan di Riau. Di mana, otot ular bereaksi sehingga mengeluarkan hemipenis.


4. Ada Ular Berkaki

Di dunia nyata, ada hewan yang dijuluki ular berkaki sesungguhnya, yaitu kadal-ular kecil (Lygosoma quadrupes). Hewan ini memiliki empat kaki kecil dan pendek sehingga berbentuk seperti ular berkaki.

5. Mati Terbakar

Ular berkaki tersebut ditemukan mati terbakar di sebuah hutan di Riau oleh Tim 1 Subsatgas Gab II Dim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu. Ular berkaki ditemukan pada 18 September lalu pukul 21.30 WIB.

Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)