Jumat, 20 Sep 2019 16:14 WIB

Begini Cerita Penemuan Ular 'Berkaki' di Indragiri Hulu

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Video ular berkaki di Riau (Youtube) Video ular berkaki di Riau (Youtube)
Jakarta - Dalam gelap malam, tim satgas kebakaran hutan di Riau berjibaku memadamkan api. Maksud hati ingin meraih selang, yang terpegang adalah ular 'berkaki'.

Itu sekelumit kisah yang dialami Tim 1 Subsatgas Gab II Dim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu. Kepada detikcom, Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu, Agus Widodo menceritakan kejadian yang dialami anak buahnya pada Rabu, 18 September 2019 malam.

Menurut Widodo, saat itu kondisinya malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Dalam suasana gelap mereka memadamkan api di lahan gambut Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Mereka menggunakan mesin air portabel yang menyedot air dari parit dan anak sungai.


"Anggota saya mencari selang pas gelap, tahunya yang terpegang itu ular. Lalu dilihat pakai senter hape, tahunya ular mati terpanggang. Tapi itu ular berkaki," kata Widodo, Jumat (20/9/2019).

Tim gabungan karhutla saat itu ada 15 orang terdiri dari personel TNI, Polri, Manggala Agni KLHK dan KPBD Indragiri Hulu. Tim tentu saja kaget melihat ular berkaki ini.

"Mereka kaget saja, baru sekali melihat ada ular berkaki. Panjangnya sekitar 2 meter. Seperti kobra, tapi kata masyarakat lokal ini namanya Ular Jengger," kata dia.


Lokasi penemuan ular aneh ini adalah lahan sawit masyarakat. Warga lokal sudah biasa dengan ular terutama kobra, karena merupakan predator untuk tikus yang menjadi hama di sana.

"Ularnya ditinggal di situ karena sudah mati terpanggang habis. Yang aneh kayak ada kakinya," ujar dia.

Widodo tidak menyangka video yang direkam anak buahnya viral. Banyak netizen meragukan itu adalah kaki ular, namun Widodo tetap yakin.

"Ada bahasa kampungnya juga, ya ular jengger itu," tutupnya.

Simak Video "Kebakaran Hutan di California"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)