Senin, 16 Sep 2019 09:22 WIB

Temuan Mengejutkan Komodo Punya 'Baju Zirah'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
CT Scan kepala Komodo. Foto: University of Texas CT Scan kepala Komodo. Foto: University of Texas
Texas - Di bawah kulit bersisik komodo, ilmuwan mengungkap temuan yang mengejutkan. Tubuh kadal terbesar ini rupanya diselimuti pula oleh semacam perisai atau baju zirah yang terdiri dari tulang-tulang kecil, dari hidung sampai ekornya dan memiliki beragam bentuk.

Kenapa hewan sekuat komodo membutuhkan 'armor' semacam itu? Mereka sudah kuat, cepat dan beracun. Mereka dapat pula mengalahkan mangsa yang jauh lebih besar. Nah menurut penelitian ini, perisai tersebut kemungkinan berguna untuk melindungi mereka dari sesama komodo yang menjadi lawan.

Periset dari University of Texas Austin dan kebun binatang Fort Worth menggelar scan computed tomography (CT) untuk melihat dan merekonstruksi kerangka dua sampel komodo yang telah tewas. Satu komodo sudah dewasa, satunya masih bayi.



Dikutip detikINET dari Science Alert, komodo dewasa terlindung oleh perisai tersebut. Sedangkan komodo yang masih kecil tidak memilikinya. Hal itu mengindikasikan baju zirah dari tulang baru muncul setelah mereka dewasa.

"Komodo muda menghabiskan cukup banyak waktu di pepohonan dan ketika mereka cukup dewasa untuk keluar dari situ, mereka mulai bertengkar dengan spesies mereka sendiri. Itulah waktunya perisai ekstra ini akan membantu," kata Christopher Bell, akademisi University of Texas.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/afr)