Seperti Apa Kondisi Permukaan Planet Paling Mirip Bumi? - Halaman 2

Seperti Apa Kondisi Permukaan Planet Paling Mirip Bumi?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 13 Sep 2019 12:37 WIB
Halaman ke 2 dari 2
Seperti Apa Kondisi Permukaan Planet Paling Mirip Bumi?
Ilustrasi. Foto: Digitaltrends

Jika permukaan dan suhunya sulit dipastikan, gravitasi K2-18b lebih dipahami karena diukur berdasarkan massa dan diameter. Gravitasinya disebut jauh lebih kuat dari Bumi. Pengunjung manusia mungkin akan merasa 37% lebih berat di planet ini.

Jika manusia dapat survive dalam kondisi tersebut, pemandangan nan eksotis mungkin akan mempesonakan mereka. Tsiaras menyebut bahwa K2-18b punya planet 'saudara' yang mengorbit lebih dekat ke bintang mereka.

Dari permukaan K2-18b, planet tersebut mungkin akan tampak seperti planet Venus yang dilihat dari Bumi. Selain itu, pemandangan bintang jenis katai merah juga menyajikan lanskap yang menarik.

"Anda akan melihat sebuah bintang merah, bukan kuning," kata Ingo Waldmann, salah satu anggota tim riset.

Sayangnya meski lebih redup, katai merah justru lebih aktif dibanding bintang sejenis Matahari. Ia lebih sering melepaskan flare yang powerful. Jadi, K2-18b mungkin banyak diselimuti radiasi sinar ultraviolet yang lebih merusak daripada di Bumi.

"Bagi kehidupan di Bumi, itu akan menjadi hal buruk. Kita semua akan mendapat kanker relatif cepat. Tapi kehidupan di sana mungkin berkembang secara berbeda," kata Waldmann. Jikalaupun bukan makhluk seperti manusia, bisa jadi ada bentuk kehidupan lain di sana.



(fyk/krs) (fyk/krs)