Temuan Planet Paling Mirip Bumi Bikin Heboh - Halaman 2

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 12 Sep 2019 12:14 WIB
Halaman ke 2 dari 2
Ilustrasi. Foto: Digitaltrends

Tim peneliti mengamati temuan planet yang dilacak Hubble Space Telescope antara tahun 2016 dan 2017. Hanya k2-18b yang menunjukkan tanda adanya air. Model komputer menunjukkan ada kemungkinan sampai 50% atmosfernya adalah air.

Adapun ukurannya sekitar 2 kali planet Bumi dan temperaturnya diperkirakan antara nol sampai 40 derajat Celcius. Namun ilmuwan belum dapat memastikan benarkah ada alien di sana atau eksistensi air mengalir di permukaannya.

"Bumi sungguh menonjol di sistem Tata Surya kita. Ia punya oksigen, air dan ozon. Jika kita menemukan hal yang sama di planet lain, kita harus berhati hati mengatakan bahwa ia mendukung kehidupan," ujar Tinetti.

Dr Beth Biller dari Edinburg University meyakini bahwa bukti adanya kehidupan di planet lain suatu saat akan terungkap, termasuk dengan ditemukannya planet tersebut. "Akan menjadi perubahan paradigma bagi manusia," katanya.

Namun belum tentu alien itu seperti manusia. "Mungkin lebih seperti mikroba atau bentuk kehidupan sederhana lain. Meski begitu, jika terjadi, maka merupakan sesuatu yang sangat mengejutkan," katanya.

"Ini adalah planet pertama yang potensial dapat dihuni di mana temperaturnya tepat dan kita tahu sekarang bahwa ada air. Adalah kandidat terbaik untuk 'habitabillity' saat ini," ujar Angelo Tsiaras, juga dari UCL.

K2-18b pertama kali terdeteksi pada tahun 2015 sebelum jadi subyek dalam penelitian tersebut. Ia mengorbit pada bintang katai merah, sebutan untuk bintang berukuran kecil, sekitar separuh ukurannya dari Matahari. Namun jarak antara si planet dengan bintang itu cukup dekat dan seperti sudah disebutkan, suhunya bersahabat.

(fyk/krs)