Senin, 09 Sep 2019 12:19 WIB

Netizen Inggris Nyinyir India Coba Taklukkan Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Netizen Inggris Nyinyir India Coba Taklukkan Bulan
Halaman 2 dari 2
Foto: Reuters

"India seharusnya berpikir tentang prioritas, hampir seperempat warganya hidup dalam kemiskinan, 10% miskin ekstrim. Apakah mengirimkan roket worth it?" tulis sebuah komentar.

"Seperti banyak negara termasuk Inggris, ada lebih banyak isu penting yang membutuhkan banyak biaya ketimbang perjalanan ke angkasa. Prioritas harus diperiksa lagi," tulis yang lain.

"Jutaan dolar untuk mendarat di Bulan sudah lenyap, sekarang bagaimana kalau memberikan sanitasi dasar dan toilet bagi orang yang sangat butuh di wilayah miskin India dan memakai uang pajak dengan lebih bijak?" tandas netizen berikutnya.

"Kenapa kita (Inggris) memberikan ratusan juta pound tiap tahun untuk membantu India yang menghabiskan miliaran buat senjata nuklir dan program antariksa?"

"Uang yang digunakan untuk program antariksa tak berguna ini bisa dipakai untuk infrastrukur yang sangat dibutuhkan India. Ada berita struktur di India yang dibangun beberapa dekade rubuh hanya beberapa jam setelah dibuka,"

Namun demikian, suara dukungan juga berseliweran. "Sebagai salah satu peradaaban tertua dunia, India merupakan pelopor di sains, baik matematika, astronomi dan lainnya. Jika misi ini sukses, akan jadi yang pertama mendarat di kutub selatan. Bisakah singkirkan pikiran negatif kalian?"

(fyk/krs)