Sabtu, 07 Sep 2019 22:22 WIB

2,1 KM yang Buyarkan Impian India ke Bulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - India nyaris menorehkan sejarah di bidang antariksa. Impian mendaratkan wahana di Bulan mendadak sirna karena hilang kontak. Padahal, jaraknya tinggal 2,1 KM lagi.

Melalui misi Chandrayaan 2, Indian Space Research Organization (ISRO) ingin mengikuti jejak Amerika Serikat, Rusia, dan China yang sudah lebih dulu menempatkan masing-masing wahannya di satelit alami Bumi tersebut.

Untuk jadi pembeda dari pendahulunya, India mengincar daerah kutub selatan Bulan yang belum pernah dijamah guna mencari bukti keberadaan air, mineral, serta mengukur gempa.



Chandrayaan 2 yang berarti kendaraan Bulan dalam bahasa Sanskerta diterbangkan dari fasilitas Satish Dhawan Space Center di Andhra Pradesh, India, pada 22 Juli kemarin dengan mengangkut orbiter, lander, dan rover. Total beban yang dibawanya seberat 3,8 ton.

Kemudian pada pertengahan Agustus, ia berhasil mengorbit di Bulan. Dan, 7 September waktu setempat, beberapa jam dari sekarang, ia direncanakan menyambangi permukaan Bulan.

Lander Chandrayaan 2, Vikram, kemudian dilepaskan oleh ISRO untuk menginjakan kakinya secara perdana di Bulan pada Sabtu dini hari (7/9) sekitar pukul 01.00 waktu India atau 02.00 untuk WIB. Di dalam Vikram, terdapat rover atau robot penjelajah yang bernama Pragyaan.

Sesaat akan mendarat, Vikram tiba-tiba hilang kontak dengan tim ISRO yang ada di Bumi. Ilmuwan yang berkumpul di Kantor Pusat ISRO di Bengaluru, India, mendadak panik melihat apa yang terjadi.



Perjalanan Chandrayaan 2 dari Bumi ke Bulan sepanjang 384.400 KM harus kandas di 2,1 KM terakhir atau 13 menit setelah Vikram mulai turun ke permukaan Bulan.

Kepala ISRO K. Sivan mengkonfirmasi bahwa komunikasi dengan lander telah hilang dan data sedang dianalisis. Perdana Menteri India Narendra Modi yang menyaksikan langsung momen tersebut mencoba menguatkan para ilmuwan.

"Saya berada di momen bersama kalian ketika komunikasi dengan wahana hilang kontak. Keberanian kita semakin kuat. Determinasi untuk menyentuh Bulan semakin kuat. Pelajaran dari hari ini akan menguatkan kita dan lebih baik," tutur Modi.

Sejumlah aktor Bollywood juga memberi semangat kepada ISRO terkait perjuangan mereka dalam berusaha untuk mencapai Bulan.





Simak Video "Kapal Wisata Terbalik di India, 12 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com