Jumat, 23 Agu 2019 19:58 WIB

Studi: Mungkin Ada Planet Lebih Baik Dibanding Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Digitaltrends Ilustrasi. Foto: Digitaltrends
Jakarta - Mungkin ada planet nun jauh di sana yang lebih ramah pada kehidupan dibandingkan di Bumi. Demikian dikemukakan dalam sebuah studi baru.

"Ini adalah kesimpulan mengagetkan. Kondisi beberapa exoplanet dengan sirkulasi lautan menguntungkan bisa jadi lebih cocok mendukung kehidupan yang lebih berlimpah atau lebih aktif dibanding di Bumi," sebut Dr Stephanie Olson dari University of Chicago.

Dikutip detikiNET dari Independent, exoplanet atau planet di luar Tata Surya belakangan ditemukan dalam jumlah besar. Namun mereka terlampau jauh untuk dicapai dan sulit pula dilihat detailnya.

Nah, Dr. Olson dan timnya membuat model planet-planet tersebut dengan software NASA, untuk mensimulasikan kondisinya. Dengannya, mereka dapat memperkirakan seperti apa kondisi iklim dan lautannya.

Tim peneliti beropini bahwa banyak dari planet itu kemungkinan lebih ramah bagi para makhluk hidup ketimbang Bumi. "Bumi mungkin saja tidak secara optimal jadi tempat tinggal dan kehidupan di tempat lain mungkin menikmati planet yang lebih ramah dibandingkan milik kita," cetusnya.

Tahun silam, ilmuwan mengestimasi bahwa sekitar 35% exoplanet yang telah diketahui ukurannya lebih besar dari Bumi, mungkin kaya akan air. Namun demikian karena tidak dapat dijangkau, semua riset yang ada saat ini masih dalam tahap spekulasi.

Dr. Olson sendiri yakin alien eksis di luar sana tapi belum dapat ditemukan karena faktor teknologi. "Akan selalu ada limitasi teknologi kita, sehingga kehidupan hampir pasti lebih umum daripada yang bisa dideteksi," katanya.

Simak Video "Mampukah Smart Ride Saingi Gojek dan Grab?"
(fyk/rns)