Kamis, 15 Agu 2019 19:29 WIB

Kata Elon Musk, Ini Biaya Bangun Kota di Mars

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi Mars. Foto: Reuters Ilustrasi Mars. Foto: Reuters
Jakarta - CEO SpaceX Elon Musk tak pernah berhenti membicarakan kolonisasi manusia di Mars. Kali ini, Elon bahkan sudah punya perkiraan biaya membangun kota di sana.

Salah satu followernya di Twitter, dengan nama akun @marstronauts menanyakan kepada Elon, berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kota di planet berwarna merah tersebut.

Menjawab pertanyaan tersebut, Elon memperkirakan biaya membangun sebuah kota di Mars bisa mencapai USD 10 triliun (sekitar Rp 143 ribu triliun), atau 10% dari anggaran militer Amerika Serikat (AS) 2019 dan tiga kali lipat dari pendapatan pajak AS di 2018.




Seperti dikutip dari Gadgets Now, Kamis (15/8/2019), Elon mengkalkulasi perkiraan minimal mengirimkan muatan ke Mars pada titik magnitude terdekatnya adalah sekitar USD 100 ribu per ton.

Untuk diketahui, Elon belakangan gencar membicarakan planet cadangan untuk ditinggali manusia. Pada November 2018, Elon menyebutkan 70% kemungkinan dia akan pergi ke Mars, meski ada peluang gagal entah saat pendaratan maupun di perjalanan menuju ke sana.




Karena ambisinya itu pula, SpaceX membangun 'Starship', sebuah roket daur ulang yang dirancang untuk membawa manusia dan pasokan logistik ke Mars.




Simak Video "Kalah Melawan SEC, Elon Musk Mundur dari Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)