Kamis, 01 Agu 2019 16:19 WIB

Apa Kabar Pembangunan Teleskop Terbesar Dunia?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pembangunan Giant Magellan Telescope (GMT), atau dikenal sebagai teleskop terbesar di dunia, semakin mendekati final walaupun bukan berarti rampung sebentar lagi.

Tim pembuatnya baru-baru ini menyelesaikan segmen kedua dari tujuh cermin utama pada teleskop tersebut, sebuah proses yang sudah dimulai sejak Januari 2012.

GMT adalah sebuah proyek internasional yang bertujuan untuk membuat teleskop dengan gambar 10 kali lebih jelas dari Hubble Space Telescope. Saat nanti sudah beroperasi, GMT akan membantu para ilmuwan untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab, seperti siapa saja yang tinggal di alam semesta ini.




Teleskop ini nantinya juga bisa menangkap cahaya lebih banyak dibanding semua teleskop yang ada saat ini, begitu pula dengan resolusinya, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Kamis (1/8/2019).

Namun menyelesaikan GMT bukan perkara mudah, karena diperkirakan baru bisa selesai pada 2027 mendatang. Konstruksi yang paling sulit untuk diselesaikan adalah cerminnya yang sangat rumit. Setiap segmen utama dari cermin yang ada dibuat melengkung dengan tingkat akurasi tinggi, seukuran gelombang cahaya atau sekitar sepersejuta inch.

Namun untungnya, cermin ini dibuat dengan desain cetakan honeycom yang membuatnya sangat ringat dan mudah didinginkan.

Meski segmen kedua ini membutuhkan tujuh tahun untuk diselesaikan, University of Arizona bisa mempercepat proses pemolesan permukaannya.


Pembangunan Teleskop Terbesar di Dunia Semakin Mendekati SelesaiFoto: Istimewa


Jadi tim GMT berharap bisa meniru proses tersebut untuk pembuatan segmen selanjutnya agar proses produksi bisa berlangsung lebih cepat.




Simak Video "Samsung: Konsumen Beli Handphone Nggak Lihat Siapa yang Nomor Satu"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed