Selasa, 30 Jul 2019 14:29 WIB

Disergap Gelombang Panas, Suhu Inggris Ukir Rekor Tertinggi

Fino Yurio Kristo - detikInet
London, Inggris. Foto: (iStock) London, Inggris. Foto: (iStock)
Jakarta - Gelombang panas yang melanda benua Eropa turut menyergap Inggris. Negara yang terkenal dingin ini bahkan mencetak rekor suhu tertinggi sepanjang masa.

Dikutip detikINET dari Independent, gelombang panas pada minggu lalu sempat membuat warga Inggris amat kegerahan. Lembaga pengamat cuaca Met Office menyatakan temperatur 38,7 derajat Celcius tercatat di area Cambridge Botanic Garden.

Itu dipastikan adalah rekor suhu udara tertinggi di Negeri Kerajaan tersebut. Rekor sebelumnya terjadi pada Agustus 2013, di mana angkanya mencapai 38,5 derajat Celcius di Faversham, Kent.




Artinya, Inggris bergabung dengan Belgia, Jerman dan Belanda yang juga memecahkan rekor suhu udara nasional tertinggi. Suhu panas dan kering itu berasal dari Afrika yang menyebar ke Inggris dan beberapa bagian Eropa.

"Temperatur tinggi yang jarang ini menjangkau sebagian Eropa barat dan tengah minggu lalu dan Inggris bergabung dengan Jerman serta Belanda dalam hal memecahkan rekor temperatur nasional," sebut Met Office.

Menurut Met Office, gelombang panas adalah kejadian rutin di mana cuaca menjadi ekstrim. Namun kemungkinan seiring terjadinya perubahan iklim, gelombang panas bakal semakin intens.

"Konfirmasi bahwa rekor temperatur Inggris sepanjang masa sudah pecah minggu lalu adalah pencapaian yang mengganggu. Rekor sebelumnya terjadi di tahun 2003 ketika 2.000 orang meninggal di Inggris dan lebih dari 50 ribu di Eropa," cetus Bob Ward dariGrantham Research Institute on Climate Change and the Environment.

"Gelombang panas jadi lebih sering, lebih intens, karena perubahan iklim dan risiko kematiannya meningkat. Sedihnya, tren ini akan terus terjadi dalam beberapa dekade ke depan dan kita harus beradaptasi lebih cepat, misalnya memastikan bangunan tidak overheat," tandasnya.




Simak Video "Spanyol Diterjang Gelombang Panas"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed