Selasa, 30 Jul 2019 13:01 WIB

Ilmuwan Temukan Planet dengan 3 Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: NASA Ilustrasi. Foto: NASA
Jakarta - Bumi hanya punya Matahari tunggal, berbagi dengan planet-planet lain di Tata Surya. Tapi jauh di luar sana, ternyata ada pula planet yang memiliki sekaligus tiga buah Matahari.

Planet tersebut ditemukan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite, teleskop milik NASA yang fungsinya untuk memburu planet. Namanya LTT 1445Ab dengan tiga Matahari merah kerdil yang disebut LTT 1445. Lokasi mereka 22,5 tahun cahaya dari Bumi.

Matahari merah kerdil tersebut lebih kecil dan lebih dingin dibanding Matahari di Tata Surya kita. Bintang semacam itu adalah sesuatu yang sangat umum di galaksi Bima Sakti, mencakup 80% dari seluruh bintang yang ada.




"Jika Anda berdiri di permukaan planet tersebut, ada tiga buah Matahari di langit, tapi dua di antaranya cukup jauh dan terlihat kecil. Keduanya seperti mata yang menyeramkan di angkasa," kata astronomer Jennifer Winters dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Seperti dikutip detikINET dari Science Alert, ukuran planet tersebut 1,35 kali Bumi. Tapi massanya 8,4 kali sehingga jauh lebih padat dibandingkan planet ini.

Para ilmuwan meyakini planet LTT 1445Ab permukaannya berbatu seperti Bumi atau Mars. Jika ada penghuninya, tentu mereka akan selalu menikmati pemandangan langit spektakuler. Sayangnya, peluang adanya kehidupan di sana cukup rendah.

Kenapa? Letak planet itu tidak mendukung untuk makhluk hidup di mana temperaturnya bisa mencapai 155 derajat Celcius. Tapi kemungkinan, ada atmosfer yang melingkupinya.




Simak Video "Yuk Meneropong Langsung Planet Jupiter di Planetarium!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed