Populasi India Diprediksi 'Meledak' dan Salip China, Kapan?

Populasi India Diprediksi 'Meledak' dan Salip China, Kapan?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 28 Jun 2019 17:46 WIB
Kota di India. Foto: BBC
Jakarta - Ledakan populasi di India diprediksi membuat negara itu bakal menyalip China di masa mendatang. Kemungkinan terjadi dalam waktu satu dekade dari sekarang.

Saat ini, dikutip detikINET dari Independent, kombinasi penduduk China dan India mencakup 38% populasi dunia. Masing-masing penduduknya berjumlah 1,43 miliar dan 1,37 miliar.

Menurut laporan World Population Prospects yang disusun Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), India diproyeksi menyalip China pada tahun 2027.


Angka kematian di China yang melebihi angka kelahiran membuat populasinya diprediksi turun 32,4 juta antara tahun 2019 sampai 2050. Sedangkan populasi India diperkirakan naik menjadi 1,5 miliar jiwa.

Masih menurut laporan tersebut, populasi seluruh planet Bumi bakal meningkat menjadi 9,7 miliar jiwa pada tahun 2050. Kemudian naik lagi menembus 11 miliar orang pada akhir abad ini.

Dalam 30 tahun ke depan, India dan China akan diikuti Nigeria di posisi ketiga dengan populasi 733 juta. Kemudian Amerika Serikat dengan 434 juta serta Pakistan dengan 404 juta. Nigeria menyalip AS yang semula di tempat ketiga.

Adapun negara-negara dengan peningkatan populasi terbesar di masa mendatang diperkirakan adalah India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Tanzania, Indonesia, Mesir serta AS.

"Beberapa wilayah dengan peningkatan populasi tercepat adalah negara-negara termiskin, di mana pertumbuhan populasi membawa tantangan tambahan dalam hal melawan kemiskinan, kelaparan dan meningkatkan kualitas kesehatan serta pendidikan," sebut Liu Zhenmin, pejabat PBB.



Simak Video "Konfirmasi 4 Tentara China Tewas dalam Insiden di Perbatasan India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)