Jumat, 21 Jun 2019 18:11 WIB

Dua Wilayah Asia Masuk Rekor Suhu Tertinggi Sepanjang Masa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: WMO Ilustrasi. Foto: WMO
Jakarta - Setelah melakukan investigasi intensif, World Meteorological Organisation (WMO) mengumumkan bahwa ada dua lokasi baru yang masuk dalam daftar suhu udara paling tinggi sepanjang masa. Satu wilayah berlokasi di Timur Tengah dan lainnya di Asia Selatan.

Temperatur 53,9 derajat Celcius tercatat terjadi di Mitribah, Kuwait pada 21 Juni 2016. Kemudian suhu 53,7 derajat Celcius diakui muncul di kota Turbat, Pakistan, pada 28 Mei 2017.

"Temperatur di Mitribah, Kuwait, sekarang diterima oleh WMO sebagai temperatur tertinggi yang pernah dicatat di wilayah kontinental Asia," sebut WMO dalam keterangannya yang dikutip detikINET dari Washington Post.




Mitribah dan Turbat pun masuk urutan tiga dan empat wilayah dengan suhu udara tertinggi sepanjang masa. Dalam 76 tahun terakhir, kedua catatan itu adalah yang tertinggi.

Sedangkan rekor temperatur paling panas versi WMO sepanjang masa terjadi pada tahun 1913 yang menembus 56,7 derajat Celcius di Death Valley, California. Tapi belakangan, rekor itu sebenarnya dipertanyakan karena dinilai tidak mungkin terjadi dari sudut pandang meteorologi.

Adapun rekor tertinggi kedua yaitu 55 derajat Celcius di Kebili, Tunisia, pada tahun 1931 juga jadi perdebatan. "Rekor ini punya masalah kredibilitas yang serius," kata Christopher Burt, pakar cuaca ekstrim.

Saat ini, pencatatan temperatur dilakukan dengan amat ketat. "Kita sekarang bisa melakukan analisis yang sangat mendalam soal cuaca ekstrem," sebut Randall Cerveny dari WMO.





Lihat video Fenomena Suhu Minus di Dataran Tinggi Dieng Kembali Terjadi:

[Gambas:Video 20detik]


Dua Wilayah Asia Masuk Rekor Suhu Tertinggi Sepanjang Masa
(fyk/krs)