Jumat, 14 Jun 2019 15:12 WIB

India Mau Bikin Stasiun Luar Angkasa Sendiri

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi stasiun luar angkasa. Foto: Getty Images Ilustrasi stasiun luar angkasa. Foto: Getty Images
Jakarta - India benar-benar penuh ambisi dalam mengeksplorasi luar angkasa. Mereka sudah punya rencana memiliki stasiun luar angkasa sendiri di masa mendatang.

ISS-nya India itu nantinya diperkirakan berbobot sekitar 20 ton dan menjadi perpanjangan dari misi Gaganyaan, misi berawak pertama India ke antariksa.

Program Gaganyaan, atau secara harfiah berarti kendaraan antariksa dalam bahasa Sansekerta, itu sendiri sudah dipersiapkan oleh Indian Space Research Organization (ISRO).




"Kami harus mempertahankan program Gaganyaan setelah peluncuran misi luar angkasa (yang membawa) manusia. Dalam konteks ini, India berencana untuk memiliki stasiun luar angkasa sendiri," ujar Kepala ISRO K. Sivan dikutip dari Times of India, Jumat (14/6/2019).

"India akan mendirikan stasiun luar angkasa terpisah dalam 5-7 tahun ke depan, setelah Gangayaan sepenuhnya berhasil pada tahun 2022," ucap Sivan.

Disebutkan juga stasiun luar angkasa India ini juga kemungkinan besar akan digunakan untuk melakukan eksperimen gaya berat mikro. Jika sudah jadi, wahana tersebut secara teori dapat menampung astronot India sekitar 15-20 hari di ruang hampa.

Menariknya lagi, dengan penuh percaya diri, India berencana tidak berkolaborasi dengan negara lain dalam membangun stasiun luar angkasa ini. Proyek itu ingin dikerjakan secara mandiri.




Di sela-sela pengumuman ini, ISRO turut mengungkapkan Aditya-L1, sebuah misi untuk mempelajari korona Matahari yang berdampak pada perubahan iklim di Bumi.

Tak sampai di situ, ISRO juga memiliki mimpi besar lainnya dengan mempelajari Planet Venus. Sedangkan yang terdekat, India berencana untuk meluncurkan Chandrayaan-2, wahana antariksa guna pendaratan di Bulan pada pertengahan bulan depan.

"Tidak hanya Matahari dan Bulan, kami berharap dapat mencapai planet lain, seperti Venus," ungkapnya.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed