Rabu, 15 Mei 2019 03:20 WIB

Lubang Cacing dan Kemampuan Captain Marvel di Avengers: Endgame

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Captain Marvel. (Foto: Gareth Cattermole/Gareth Cattermole/Getty Images for Disney) Captain Marvel. (Foto: Gareth Cattermole/Gareth Cattermole/Getty Images for Disney)
Jakarta - Siapa sangka jika kemampuan super yang dimiliki oleh Captain Marvel di Avengers: Endgame memiliki hubungan erat dengan sains? Ya, film terbaru dari Marvel Cinematic Universe (MCU) itu memang kental dengan ilmu pengetahuan di dalamnya, terutama fisika.

Jadi, dalam film tersebut Captain Marvel mampu melintasi alam semesta dengan sangat cepat. Ia pun bisa langsung merespons panggilan darurat dari Nick Fury agar segera kembali ke Bumi, sekaligus menyelamatkan Tony Stark alias Iron Man di tengah jalan.

Salah satu yang harus diperhatikan dari kemampuan tersebut adalah betapa jauhnya perjalanan yang ditempuh oleh Captain Marvel. Terlebih, alam semesta mengalami perluasan seiring berjalannya waktu.




"Katanya Captain Marvel patroli di galaksi lain. Galaksi yang paling dekat dengan kita Andromeda. Andromeda jaraknya 2,5 juta tahun cahaya. Artinya kalau kita naik angkot, dengan kecepatan cahaya, itu batu sampai 2,5 juta tahun. Bagaimana Captain Marvel, Nick Fury kirim sinyal, dia udah kembali ke Bumi. Kan nggak mungkin," tutur Prof. Husin Alatas, ahli fisika dari IPB, saat ditemui dalam diskusi publik di Jakarta.

Terkait dengan hal tersebut, lubang cacing, atau biasa disebut sebagai wormhole, memiliki peranan penting. Dalam sains, ia dikenal dengan nama jembatan Einstein-Rosen, merujuk pada ide Albert Einstein dan Nathan Rosen pada 1935 yang menyebut adanya 'jembatan' penghubung ruangwaktu.

Lubang Cacing dan Kemampuan Captain Marvel di Avengers: EndgameFoto: dok. Prof. Husin Alatas

Secara teori, wormhole memang bisa digunakan untuk bepergian. Ia menghubungkan dua tempat yang sangat jauh, dan memungkinkan dalam mengakomodasi perjalanan di dalam lorong ruangwaktu itu.

"Nah, kalau menurut teori relativitas, mungkin aja, tapi dia lewat jalan pintas, yaitu lewat Einstein-Rosen bridge. Tapi ingat lagi, Einstein-Rosen bridge bisa ada dalam waktu yang sangat singkat," kata Prof. Husin.




"Nah, oleh karena itu, Captain Marvel harus dilengkapi dengan material eksotik dengan massa yang negatif. Massa negatif artinya dia buka terus ya, wormhole-nya dibuka terus oleh tubuhnya dia baru dia bisa jalan dari satu galaksi ke galaksi yang lain," ujarnya menambahkan.

Lubang Cacing dan Kemampuan Captain Marvel di Avengers: EndgameProf. Husin Alatas. (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET)

Prof. Husin juga menjelaskan bahwa massa negatif akan menghasilkan efek tolak-menolak di dalam wormhole sehingga dapat terbuka. Sedangkan massa positif akan menciptakan efek tarik-menarik di dalam lubang cacing sehingga ia akan tertutup. Sebagai bayangan, coba buat celah dengan dua magnet sebagai wormhole dan hadapkan mereka dengan kutub yang sama dan berbeda.

Bisa jadi, Captain Marvel mendapat materi eksotik dengan massa yang negatif itu dari Tesseract. Sebagaimana kita ketahui, sumber kekuatannya berasal dari paparan kubus tersebut.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed