Kamis, 09 Mei 2019 07:20 WIB

Wow! Sejumlah Exoplanet Punya Laut Sedalam Ribuan Kilometer

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi exoplanet. Foto: NASA Ilustrasi exoplanet. Foto: NASA
Jakarta - Tim peneliti mengemukakan bahwa terdapat sejumlah exoplanet yang memiliki lautan dengan kedalaman hingga mencapai ribuan kilometer. Exoplanet tersebut tergolong di dalam kategori sub-Neptunus, atau yang memiliki ukuran 2-4 kali lebih besar dari Planet Biru ini.

Adalah penelitian pimpinan Li Zeng, ahli astronomi dari Harvard University, yang memunculkan teori tersebut. Laporannya sendiri sudah diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).


"Tak terduga. Tak berdasar. Sangat dalam," ujar Li Zeng dalam menggambarkan kedalaman laut di sub-Neptunus itu, sebagaimana detikINET kutip dari Futurism, Kamis (9/5/2019).

Ribuan kilometer tentu sangat dalam untuk sebuah dasar laut jika dibandingkan dengan di Bumi. Titik terdalam di planet ini sendiri adalah Challenger Deep di Palung Mariana. Ia berada sejauh 10,994 meter atau tak sampai 11 kilometer, dari permukaan laut.

Selain itu, penelitian ini juga mengklaim bahwa 25%-50% massa dari exoplanet-exoplanet itu adalah air. Itu juga persentase yang sangat besar jika dibandingkan dengan Bumi.

Meski sekitar 70% permukaan Bumi ditutupi air, hanya 0,02% massa dari planet ini yang berupa air. Besi (32%), oksigen (32%), magnesium (15%), dan silikon (15%) adalah unsur-unsur dengan persentase terbesar pada massa Bumi.


Lebih lanjut, jika memang 50% massa dari para sub-Neptunus itu adalah air, maka tekanan di sana akan sangat besar. Hal ini membuat kebanyakan air di sana akan berbentuk padat, alias es.

Penelitian ini sendiri menggunakan model komputer yang menggunakan data dari teleskop luar angkasa Kepler milik NASA. Selain itu, mereka juga memanfaatkan data dari teleskop luar angkasa Gaia miliki ESA, badan antariksa Eropa. (mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed