Jumat, 03 Mei 2019 11:36 WIB

Mengulas Kebodohan Thanos di Film Avengers

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: Facebook/ArtlanticStore Foto: Facebook/ArtlanticStore
Jakarta - Thanos melenyapkan separuh kehidupan di Bumi dengan Infinity Stones. Seperti diketahui, tujuannya mengembalikan keseimbangan alam. Tapi aksi yang membuat para superhero Avengers kalang kabut itu dinilai tindakan bodoh. Kenapa?

Latar belakang Thanos melakukan pembunuhan massal ialah karena planet yang jadi rumahnya, Titan, menderita akibat kombinasi kelangkaan sumber daya alam dan populasi berlebihan. Maka ia menyimpulkan populasi di alam semesta harus dipangkas separuh agar tetap survive.

Itulah yang dia lakukan di planet Bumi. Dalam satu jentikan jari saat memakai Infinity Gauntlet di film Avengers: Infinity War, lenyaplah separuh makhluk hidup di dunia. Thanos pun puas dengan perbuatannya.

Tapi jika makhluk super kuat tersebut berpikir solusinya luar biasa, maka dia kemungkinan besar salah. Pasalnya, Bumi dalam keadaannya sekarang masih baik-baik saja meski jumlah manusia terus bertambah. Tak diperlukan tindakan yang luar biasa berlebihan seperti aksi Thanos. Setidaknya itulah pendapat yang dikemukakan kolumnis berikut.




"Meskipun Bumi memang punya kapasitas berapa banyak manusia yang bisa ditanggung, soal berapa persis angkanya masih tidak jelas," sebut Reuben Baron, kolumnis film di CBR.com, yang bahkan menyebut Thanos sebagai idiot.

"Apa yang sudah jelas adalah meskipun ada populasi 7,5 miliar orang, kita tidak hidup dalam ekonomi kelangkaan. Kemiskinan malah makin turun seiring naiknya populasi dan masih adanya orang melarat bukan karena kelangkaan sumber daya, tapi masalah dalam distribusi," begitu opininya.

Di sisi lain terkait polusi lingkungan, penyebab utamanya berasal dari minoritas populasi, bukan seluruhnya. Studi Oxfam pada 2015 menyebutkan 10% populasi orang kaya dunia memproduksi separuh polusi karbon di Bumi. Sedangkan separuh populasi yang termiskin hanya menciptakan 10% polusi.

Reuben melanjutkan bahwa Thanos, dengan kehebatannya, seharusnya menempuh langkah lain untuk memperbaiki alam. Misalnya menggunakan Infinity Stones untuk menambah sumber daya, bukannya malah memangkas separuh kehidupan.

Halaman Selanjutnya: Thanos Bikin Keadaan Dunia Makin Buruk

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed