Jumat, 12 Apr 2019 11:23 WIB

AI-nya Google Dapat Ponten Jelek Soal Matematika Tingkat SMA

Kris Fathoni W - detikInet
Kisah AI-nya Google yang dapat ponten jelek soal matematika tingkat SMA. (Foto: Arnd WIegmann/Reuters) Kisah AI-nya Google yang dapat ponten jelek soal matematika tingkat SMA. (Foto: Arnd WIegmann/Reuters)
Jakarta - Lewat DeepMind, Google punya sebuah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) canggih. Ini kisah AI itu kesulitan mengerjakan soal matematika tingkat SMA.

DeepMind merupakan sebuah perusahaan AI yang berdiri tahun 2010 dan kemudian diakuisi oleh Google empat tahun kemudian. Kini DeepMind bernaung di bawah Alphabet Inc, induknya Google.

Sejumlah kecanggihan dimiliki AI DeepMind. Namun, seperti diwartakan AndroidPit.com yang mengutip Medium.com, AI ini justru mendapat ponten buruk saat mengerjakan soal matematika tingkat SMA.




Disebutkan lebih lanjut, AI ini cuma mendapat nilai 14 dari maksimal 40 dalam ujian matematika tersebut. Padahal AI DeepMind juga sudah sempat belajar lebih dulu sebelumnya.

Namun demikian, jangan buru-buru memvonis bahwa kecerdasan buatan dari DeepMind itu ternyata tak cerdas-cerdas amat. Hasil tes ini justru bisa memberikan pemahaman tersendiri mengenai AI.

"Berbeda dari bayangan banyak orang, matematika tidak semata-mata pekerjaan komputasi karena turut melibatkan kemampuan kognitif untuk melakukan langkah logis, prioritas, dan lain-lain. Sebuah mesin punya pemahaman dan cara pembelajaran yang berbeda, jadi tidak bisa menuntaskan sejumlah hal matematis sebaik manusia," sebut AndroidPit.com berargumen.




AI-nya Google Dapat Ponten Jelek Soal Matematika Tingkat SMA
(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed