Jumat, 05 Apr 2019 21:19 WIB

Amazon Mau Luncurkan 3.236 Satelit, Buat Apa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: David Ryder/Getty Images Foto: David Ryder/Getty Images
Jakarta - Amazon, yang dikenal sebagai perusahaan e-Commerce raksasa global besutan Jeff Bezos, berencana meluncurkan hingga 3.236 satelit ke orbit. Apa tujuannya?

Satelit itu nantinya dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan akses internet di seluruh dunia, khususnya daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur darat di mana mereka terlayani layanan ke dunia maya.




Amazon menyebutnya dengan Project Kuiper, yang nantinya akan dikerjakan melalui anak perusahaan bernama Kuiper Systems LLC. Saat ini Kuiper Systems tengah membahasnya dengan ITU, organisasi internasional yang salah satunya bertugas mengoordinasikan orbit satelit.

Seperti dikutip dari Tech Crunch, Jumat (5/4/2019), Amazon telah mengkonfirmasi kabar tersebut. Mereka juga mengakui Project Kuiper adalah salah satu proyek yang tengah dikerjakannya.

"Project Kuiper adalah inisiatif baru untuk meluncurkan satelit di orbit rendah Bumi yang akan memberikan konektivitas internet kecepatan tinggi dengan latensi rendah ke komunitas yang tidak terlayani dan kurang terlayani di seluruh dunia," kata Amazon dalam pernyataannya.

Amazon sendiri belum membeberkan apakah mereka akan memproduksi satelit atau membelinya dari pihak ketiga. Kapan ribuan satelit tersebut akan meluncur ke orbit Bumi juga masih jadi misteri.




Rumor yang beredar mengatakan, Amazon bisa saja bekerjasama dengan Blue Origin sebagai perusahaan yang telah kompeten di bidang layanan antariksa sejak tahun 2000. Sebagai informasi, Blue Origin adalah perusahaan yang juga didirikan oleh Jeff Bezos.

"Ini adalah proyek jangka panjang yang melayani puluhan juta orang yang tidak memiliki akses dasar ke internet. Kami berharap dapat bermitra dalam inisiatif ini dengan perusahaan yang memiliki visi yang sama," tutur si juru bicara.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed