Roket Penjelajah Mars SpaceX Siap Meluncur Perdana

Roket Penjelajah Mars SpaceX Siap Meluncur Perdana

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Minggu, 24 Mar 2019 11:08 WIB
Prototipe dari Starship versi asli (kiri) dengan gambar render (kanan). Foto: Twitter/b0yle
Jakarta - SpaceX sepertinya tengah bersiap-siap untuk melakukan uji coba peluncuran pertama terhadap prototipe dari Starship, calon roket yang rencananya akan membawa umat manusia ke Mars. Hal ini diketahui dari sejumlah kegiatan yang berada di sekitar tempat peluncuran roket tersebut.

Sebuah laporan menyebut ruas jalan yang berada di sekitar fasilitas milik SpaceX di Boca Chica, Texas, ditutup pada Kamis (21/3/2019) dan Jumat (22/3/2019) lalu. Hal ini dilakukan agar prototipe roket itu bisa melakukan semacam tes pembakaran mesin, sebagaimana detikINET kutip dari Cnet, Minggu (24/3/2019).


Kemudian, Federal Aviation Administration, lembaga penerbangan Amerika Serikat, juga sudah menerbitkan larangan terbang di sekitar area yang sama untuk sementara. Kebijakan tersebut akan berlaku Senin (25/5/2019) hingga Rabu (27/3/2019) pukul 09.00 hingga 18.00 waktu setempat di tiap harinya.

Walau pesawat terbang dilarang melintas di sekitar tempat peluncuran roket itu, bukan berarti prototipe Starship akan terbang tinggi. Hal ini lantaran uji coba tersebut hanya melibatkan 'lompatan kecil' bagi prototipe dari calon roket terkuat sejagat itu.

Adalah pendiri SpaceX, Elon Musk, yang mengutarakan hal tersebut. Ia menjelaskannya ketika ditanya oleh seorang netizen di media sosial Twitter perihal uji coba dari prototipe Starship.


"Ia akan terbang pada uji coba pertama, tapi hanya sedikit," tulisnya.

Untuk waktu peluncurannya, sepertinya akan terjadi pada salah satu dari tiga hari berlakunya pelarangan terbang di sekitar fasilitas milik SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat. Setelahnya, pada April nanti, perusahaan antariksa itu juga sudah menjadwalkan untuk melangsungkan misi komersial pertama Falcon Heavy, roket terkuat sejagat saat ini. (mon/mon)