Senin, 18 Mar 2019 20:07 WIB

Tetangga Terdekat Bumi: Venus atau Merkurius?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi Planet Merkurius. (Foto: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution of Washington via Getty Images) Ilustrasi Planet Merkurius. (Foto: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution of Washington via Getty Images)
Jakarta - Selama ini Venus disebut sebagai planet terdekat dari Bumi, baik oleh NASA maupun sumber-sumber lain di Google. Tapi sebuah penelitian terbaru hadir dan siap menyangkal teori yang sudah bertahan lama itu.

Tim peneliti dari Amerika Serikat berhasil menciptakan hitung-hitungan terbaru yang mengungkap planet terdekat dari Bumi. Kelompok tersebut terdiri dari Tom Stockman dari Los Alamos National Laboratory (LANL), Gabriel Monroe dari Engineer Research Development Center milik Angkatan Darat AS, dan Samuel Cordner dari NASA.

Ketiganya menyebut bahwa tetangga terdekat dari Bumi adalah Merkurius, sebagaimana detikINET kutip dari Physics Today, Senin (18/3/2019). Kok bisa?




Mereka mengklaim bahwa secara rata-rata Merkurius lebih sering berada di dekat Bumi ketimbang Venus. Hal ini lantaran Merkurius memiliki orbit terhadap Matahari yang lebih kecil.

Rataan jarak Merkurius dengan Bumi yang diungkap tim peneliti tersebut adalah 0,39 Astronomical Unit (AU), atau 39% jarak antara Bumi dengan Matahari. Sedangkan rata-rata jarak Bumi dengan Venus adalah 0,72 AU.




Dalam penelitian yang sama, mereka juga menyimpulkan bahwa Merkurius secara rata-rata merupakan tetangga terdekat bagi seluruh planet di Tata Surya. Hal tersebut bahkan juga berlaku untuk Pluto yang saat ini statusnya sudah menjadi planet kerdil.

Walau demikian, trio Stockman, Monroe, dan dan Cordner tetap mengakui bahwa metode lama yang menyebut Venus merupakan planet terdekat dari Bumi tidak sepenuhnya salah. Hal tersebut lantaran keduanya memiliki jarak yang lebih kecil dari rataan jarak Merkurius-Bumi ketika berada di titik terdekatnya.

Bumi dan Venus hanya terpisah jarak sejauh 0,28 AU ketika berada di titik terdekatnya. Sedangkan jarak terjauh yang bisa dihasilkan keduanya adalah 1,72 AU, hampir dua kali jarak Bumi dengan Matahari.




(mon/krs)