Selasa, 05 Mar 2019 11:03 WIB

Sudah Sampai Bulan, China Mau Jelajahi Mars Tahun Depan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: NASA/JPL-Caltech Ilustrasi. Foto: NASA/JPL-Caltech
Jakarta - Akhir tahun lalu, China sukses menjangkau sisi terjauh Bulan. Kini, Negeri Tirai Bambu berencana untuk mengirim robot penjelajah ke Mars pada 2020 mendatang.

"Tahun depan, kami akan meluncurkan (robot) penjelajah Mars, yang akan mengorbit di sekitar Mars, mendarat di sana, dan menjelajahinya," ujar Wu Weiren yang tergabung dalam program eksplorasi Bulan besutan China, sebagaimana detikINET kutip dari CNN, Selasa (5/3/2019).




Komentar Wu itu menyusul dibukanya basis simulasi Mars di cekungan Qaidam, Qinghai, China. Gurun pasir tertinggi di dunia itu sangat kering dan disebut sebagai salah satu lokasi paling mirip Mars di Bumi.

Basis simulasi itu disebut menghabiskan biaya USD 22,3 juta (Rp 315 miliar) dan memiliki luas 53.330 meter persegi. Lokasi tersebut bisa mengakomodasi 60 orang di dalam kapsul dan ratusan jiwa di tenda sekitaran basis itu.




Selain muncul dengan misi ambisius ke Mars, China juga bakal mengirim robot penjelajah tambahan ke Bulan untuk mengambil sampel dari permukaan satelit alami Bumi itu dan kembali lagi ke sini. Jika berhasil, ia menjadi negara ketiga yang sukses melakukannya setelah Amerika Serikat dan Rusia.




Tonton juga video saat Tangkap Ikan di Perairan Argentina, Kapal China Diusir:

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed