Temuan Anyar Tunjukkan Kemiripan Mars dengan Bumi

Temuan Anyar Tunjukkan Kemiripan Mars dengan Bumi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Selasa, 26 Feb 2019 12:43 WIB
Foto: dok. ESA
Jakarta - European Space Agency (ESA) berhasil menangkap gambar terbaru dari Mars yang menampilkan penampakan seperti dasar sungai. Bekas aliran air itu pun memiliki banyak cabang, tak ubahnya sungai di Bumi.

Cabang-cabang itu dijelaskan merupakan limpasan dari aliran sungai yang deras pada zaman dulu, ditambah dengan curah hujan yang tinggi. Aliran tersebut diperkirakan memotong permukaan di Mars dan membentuk jalur serta lanskap baru.




Gambar yang diabadikan oleh satelit Mars Express milik badan antariksa Eropa itu menunjukkan bahwa Mars bisa jadi memiliki suhu lebih hangat di masa lalu. Lebih lanjut, sumber air juga banyak ditemukan di sana dulu, tidak seperti sekarang yang wujudnya berupa es atau tersimpan di bawah permukaan Planet Merah tersebut.

Temuan Anyar Tunjukkan Kemiripan Mars dengan BumiFoto: dok. ESA

Diperkirakan, gambar bekas aliran air itu memiliki panjang 2 kilometer. Sedangkan kedalamannya mencapai 200 meter, sebagaimana disebutkan dalam situs resmi ESA.




Satu yang masih jadi misteri adalah asal muasal dari air yang mungkin pernah mengaliri di guratan-guratan itu. Ada banyak perkiraan mengenai sumber air tersebut.

Beberapa di antaranya adalah hujan, air tanah, dan gletser yang mencair. Kalau benar jawabannya di antara prediksi tersebut, maka Mars zaman dahulu dipastikan lebih hangat dan mengandung banyak air.





Simak juga video 'Tangkapan Suara dari Mars yang Bikin Merinding':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)