Minggu, 17 Feb 2019 12:34 WIB

Penampakan Pesawat Antariksa China di Sisi Paling Misterius Bulan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Sisi terjauh Bulan. Foto: Dwingeloo Radio Telescope Sisi terjauh Bulan. Foto: Dwingeloo Radio Telescope
Jakarta - Awal tahun ini, China sukses mendaratkan pesawat antariksanya, Chang'e 4, di sisi terjauh Bulan. Ini merupakan pertama kalinya manusia mendaratkan pesawat antariksa dan robot penjelajah di bagian misterius dari satelit alami Bumi tersebut.

Ia pun langsung mengambil foto dari sisi terjauh Bulan itu. Lebih dari sebulan berjalan, giliran dirinya sendiri yang dipotret di lokasi yang kerap disebut sebagai 'dark side of the moon' itu.

Penampakan Pesawat Antariksa China di Sisi Paling Misterius BulanFoto: LROC


Adalah Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC) yang mengambil gambar tersebut. Sekadar info, LROC merupakan pesawat luar angkasa milik NASA yang bertugas mengitari Bulan.



Dari foto tangkapannya itu, tampak Chang'e 4 sedang bersama dengan Yutu-2, rover yang diboyongnya ke Bulan. Gambar itu sendiri diambil ketika LROC tengah berada di atas ketinggian 82 kilometer.

Ini bukan kali pertama LROC mengabadikan momen pesawat antariksa milik Negeri Tirai Bambu itu di sisi terjauh Bulan. Sebelumnya, ia juga sempat memotret Chang'e 4 dengan sudut yang lebih miring.

Penampakan Pesawat Antariksa China di Sisi Paling Misterius BulanFoto: LROC


Tak cuma lebih miring, jaraknya pun lebih jauh, yaitu 330 kilometer. Dalam foto ini, Chang'e 4 tampak sangat kecil. Objek yang menonjol dalam gambar justru sebuah kawah bernama Von Karman.

Itu merupakan salah satu kawah paling ternama di Bulan. Ia memiliki diameter sepanjang 186 kilometer dan kedalaman 13 kilometer.



Lokasi tersebut sejatinya memang merupakan tujuan dari Chang'e 4 dalam menjangkau sisi terjauh Bulan. Kawah Von Karman dianggap bisa memberikan gambaran lebih jauh mengenai sejarah dan geologi dari Bulan. Hal tersebut dapat diketahui dengan mengumpulkan batu-batu yang belum pernah dilihat sebelumnya. (rns/rns)