Kamis, 07 Feb 2019 08:30 WIB

Ilmuwan Kuak Bentuk Asli dari Galaksi Bima Sakti

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Chinese Academy of Science Foto: Chinese Academy of Science
Jakarta - Lupakan semua gambar yang menunjukkan bahwa galaksi Bima Sakti berbentuk datar. Studi terbaru menunjukkan bahwa galaksi tempat sistem Tata Surya bernaung itu memiliki bentuk melengkung di bagian luarnya.

Temuan ini merupakan hasil penelitian dari ahli astronomi dari Australia dan China. Mereka membuat sebuah peta tiga dimensi dari Bima Sakti yang mereka sebut paling akurat sampai saat ini dan menunjukkan bentuk aslinya, sebagaimana detikINET kuitp dari USA Today, Kamis (7/2/2019).


"Kita biasa membayangkan bahwa galaksi-galaksi spiral bentuknya datar, seperti Andromeda, yang bisa kamu lihat dengan mudah melalui teleskop," ujar Richard de Drijs, ahli astronomi dari Macquarie University di Sydney, Australia, yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Lebih lanjut, Richard menjelaskan bahwa melengkungnya Bima Sakti disebabkan oleh gaya rotasi besar yang dihasilkan oleh sekitar 100 miliar bintang di piringan bagian dalam galaksi ini. Lantas, bagaimana ia dan rekannya bisa sampai pada kesimpulan tersebut?

Ilmuwan Kuak Bentuk Asli dari Galaksi Bima SaktiFoto: Chinese Academy of Science


Mereka membuat peta galaksi tersebut dengan mengukur jarak dari 1.339 bintang besar berwarna kuning yang bersama-sama menghasilkan bentuk dari Bima Sakti. Bintang-bintang itu termasuk ke dalam kategori Cepheid klasik yang 100.000 kali lebih terang dari Matahari.

Di samping itu, para ahli astronomi itu juga menemukan belasan galaksi lain yang memiliki pola bentuk yang sama dengan Bima Sakti. Walau bukan satu-satunya di alam semesta, bentuk melengkung dari galaksi ini tetap disebut langka.



Tonton juga video 'Dirut PSN Berharap Pemerintah Mulai Serius Kembangkan Satelit':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/afr)