Selasa, 08 Jan 2019 20:30 WIB

SpaceX Bersiap Uji Coba Kapsul Antariksanya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: SpaceX Foto: SpaceX
Jakarta - SpaceX sudah menghitung hari menjelang uji coba terbang modul Crew Dragon. Modul ini nantinya akan mengantarkan astronot menuju ISS menggunakan roket Falcon 9.

Tapi sebelum membawa astronot, kapsul ini harus diuji coba tanpa dan dengan awak terlebih dahulu. CEO SpaceX Elon Musk pun memamerkan roket Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon di atasnya yang telah berdiri di landasan peluncuran.






Musk kemudian menegaskan bahwa foto yang ia pamerkan merupakan foto sungguhan dan bukan hasil render. Ia juga menyebut bahwa nantinya di walkway, atau jembatan menuju kapsul, akan ada kamera untuk suasana sebelum peluncuran.

"Ya, akan sangat menegangkan. Penerbangan awal terutama sangat berbahaya, karena ada banyak perangkat keras baru," tulis Musk lewat akun Twitter resminya, seperti dikutip detikINET dari CNET, Selasa (8/1/2019).

Uji coba pertama yang disebut Demo-1 Commercial Crew ini akan berlangsung pada 17 Januari 2019, mundur dari jadwal awal pada 7 Januari. Tapi, dengan pemerintahan Amerika Serikat yang saat ini masih dalam proses shutdown atau tutup sementara, diperkirakan jadwal ini bisa mundur lagi.

Peluncuran ini juga akan dilakukan dari landasan peluncuran Launch Complex 39A yang historis. Landasan ini merupakan lokasi peluncuran misi Apollo 11 menuju Bulan pada tahun 1969 dan misi pesawat ulang alik pertama pada tahun 1981.




Dalam uji coba ini tidak akan ada awak manusia. Uji coba ini dilakukan untuk melihat performa roket dan kapsulnya saat proses peluncuran, selama di orbit, ketika docking di ISS, dan kemudian kembali ke Bumi yang kemudian datanya akan dicatat oleh NASA dan SpaceX.

Jika semuanya berjalan dengan baik, NASA dan SpaceX berharap untuk mengirimkan astronot ke orbit menggunakan kapsul Crew Dragon dalam beberapa bulan ke depan. Uji coba berawak itu sendiri dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Juni 2019 dan akan dijalankan oleh dua astronot NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed