Kamis, 03 Jan 2019 20:05 WIB

Objek di Tepi Tata Surya: Dari Pin Bowling Jadi Manusia Salju

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Southwest Research Institute Foto: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Southwest Research Institute
Jakarta - New Horizons, pesawat antariksa milik NASA, mulai mengirimkan foto dari objek yang berada di tepi tata surya, Ultima Thule, yang jaraknya 6,4 miliar kilometer dari Bumi.

Foto pertama yang kemarin dikirim New Horizons memang telah berhasil menjawab beberapa teka-teki tentang objek yang berada di Sabuk Kuiper tersebut. Tapi harus diakui fotonya masih terlihat buram dan hanya terlihat seperti gumpalan pixel. Dalam foto tersebut juga terlihat bentuk Ultima Thule yang menyerupai pin bowling.




Kini, foto terbaru dari New Horizons memperlihatkan bentuk Ultima Thule yang sesungguhnya. Bukan seperti pin bowling, Ultima Thule justru terlihat seperti manusia salju. Atau malah seperti robot droid BB-8?

"Bentuk pin bowling itu sudah hilang. Itu lebih seperti manusia salju," ujar Principal Investigator New Horizons Alan Stern dalam konferensi pers, seperti dikutip detikINET dari Space, Kamis (3/1/2019).

Selain bentuknya yang semakin terlihat jelas, warna permukaan Ultima Thule juga tertangkap kamera. Sama seperti Pluto yang menjadi tetangganya, permukaan es Ultima Thule memiliki warna kemerahan yang dihasilkan dari radiasi deep-space.

Ultima Thule juga sebelumnya merupakan dua objek yang terpisah yang menyatu setelah tata surya mulai terbentuk. Tim misi menyebut bahwa proses penyatuan ini bukan seperti tabrakan, tapi lebih seperti proses docking dengan kecepatan pelan.




Untuk itu, tiap 'bola' yang membentuk objek yang telah bersatu ini diberi nama masing-masing, yaitu Ultima untuk bola yang lebih besar dan Thule untuk yang lebih kecil.



Foto terbaru ini sendiri diambil sebelum pendekatan terdekat, yaitu dari jarak sekitar 137.000 km dan 28.000 km. Pada puncaknya, posisi terdekat New Horizons dengan Ultima Thule mencapai 3.500 km, jadi foto dengan resolusi lebi tinggi dipastikan akan segera datang.

"Itu akhirnya akan menjadi foto dengan resolusi megapixel. Ini hanya akan menjadi semakin lebih baik," ujar Stern.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed