Rabu, 02 Jan 2019 14:25 WIB

Pesawat NASA Kirim Foto Pertama dari Objek di Tepi Tata Surya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Inilah foto pertama kiriman pesawat antariksa New Horizons dari Ultima Thule, objek di tepi Tata Surya. (Foto: NASA) Inilah foto pertama kiriman pesawat antariksa New Horizons dari Ultima Thule, objek di tepi Tata Surya. (Foto: NASA)
Jakarta - Pesawat antariksa milik NASA, New Horizons, berhasil mencapai objek terjauh yang berada di tepi tata surya, Ultima Thule. Sesampainya di Ultima Thule, New Horizons pun langsung mengambil foto dan mengirimnya ke Bumi.

Foto yang tiba ini memang masih terlihat buram dan hanya terlihat seperti gumpalan pixel. Tapi bentuk Ultima Thule, yang mirip dengan pin bowling, sudah terlihat cukup jelas untuk diteliti oleh para peneliti.

Foto ini sendiri diambil pada tanggal 31 Desember saat New Horizons masih dalam proses mendekati Ultima Thule. Terlihat Ultima Thule merupakan objek yang cukup panjang, dengan dua cuping yang terlihat jelas atau merupakan sistem dari dua objek yang orbitnya berdekatan.




"Jika itu merupakan dua objek yang berbeda, ini merupakan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal seberapa dekat mereka mengorbit satu sama lain," ujar Principal Investigator New Horizons, Alan Stern saat konferensi pers, dikutip detikINET dari Space, Rabu (2/12/2019).

"Tapi saya bertaruh bahwa itu mungkin merupakan objek tunggal - itu bilobate. Dan jika saya salah, saya akan memberi tahu kalian besok," sambungnya.

Selain itu, tim misi New Horizons juga telah memiliki gambaran pasti tentang ukuran Ultima Thule. Objek ini memiliki panjang sekitar 35 kilometer dan lebar sekitar 15 kilometer.




Selain itu, foto ini juga berhasil memecahkan misteri mengapa New Horizons belum melihat variasi kecerahan dari Ultima Thule. Ternyata, dari sudut pandang New Horizons, Ultima Thule berputar seperti baling-baling, dengan sumbu rotasinya menghadap New Horizons.

New Horizons masih akan terus mengirimkan foto dan data tentang Ultima Thule untuk waktu yang lama. Semua datanya akan memebutuhkan waktu 20 bulan untuk diterima di Bumi. Foto Ultima Thule yang lebih jelas juga akan tiba di Bumi pada hari ini (2/1) waktu Amerika Serikat.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed