Senin, 31 Des 2018 10:35 WIB

NASA Punya Dua Misi di Tahun Baru, Publik Bisa Ikut Nonton?

Virgina Maulita Putri - detikInet
NASA punya dua misi di Tahun Baru; satu saat pergantian tahun dan yang kedua di jam-jam awal 2019. (Foto: Dok NASA) NASA punya dua misi di Tahun Baru; satu saat pergantian tahun dan yang kedua di jam-jam awal 2019. (Foto: Dok NASA)
Jakarta - Sepanjang tahun 2018 NASA telah melakukan sejumlah misi yang luar biasa. Memasuki tahun 2019, sudah ada dua misi historis yang siap NASA selesaikan.

Namun, publik dikhawatirkan tidak bisa mengikuti kedua misi tersebut dengan NASA. Hal ini dikarenakan pemerintah Amerika Serikat sedang mengalami shutdown atau tutup sementara karena perselisihan tentang pendanaan dinding perbatasan yang diusulkan Presiden AS Donald Trump.




Mengingat NASA merupakan agensi federal, maka badan antariksa ini harus ikut tutup bersama badan pemerintahan lainnya. Dan sebagai bagian dari shutdown, pendanaan untuk NASA juga dihentikan; tidak ada pendanaan berarti tak ada pula live stream langsung dari NASA.

Dua misi yang dimaksud sendiri adalah misi Osiris-Rex dan New Horizons. Pesawat antariksa Osiris-Rex saat ini sedang menuju orbit asteroid Bennu dan diperkirakan akan memasuki orbit pada malam Tahun Baru. Ini merupakan pencapaian bagi NASA yang pertama kali mendekati dan meneliti asteroid.

Sedangkan pesawat antariksa New Horizons akan menyambangi 'tetangga' Pluto yaitu Ultima Thule. Diperkirakan, New Horizons akan melewati Ultima Thule di jam-jam awal Tahun Baru 2019.

Dilansir detikINET dari CNET, Minggu (30/12/2018) NASA secara resmi tutup pada hari Sabtu (29/12). Dari 17.586 karyawan NASA hanya 1.481 yang masih aktif bekerja dan 2.189 lainnya harus standby. Hal ini dilakukan agar NASA tetap bisa memantau International Space Station (ISS) serta satelit-satelit mereka yang berada di orbit.

Tapi ternyata masih ada harapan. Melalui akun Twitternya, Administrator NASA, Jim Bridenstine mengatakan bahwa akun media sosial kedua misi tersebut tidak terkena dampak shutdown dan publik bisa mengikuti progres kedua misi ini lewat Twitter.






Selain itu, walaupun live stream NASA saat ini sedang offline, publik yang ingin menonton misi New Horizons bisa mengakses situs NASA TV.


Simak juga video 'Tangkapan Suara dari Mars yang Bikin Merinding':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed