Memperingati 50 Tahun Momen 'Bumi Terbit' Dilihat dari Bulan

Memperingati 50 Tahun Momen 'Bumi Terbit' Dilihat dari Bulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 26 Des 2018 15:49 WIB
Momen earthrise di tahun 1968, ketika 'Bumi Terbit' saat dilihat dari Bulan (Foto: Keystone/Hulton Archive/Getty Images)
Jakarta - Sebelum Neil Armstrong cs mempopulerkan misi ke Bulan, ada tiga astronot yang terlebih dahulu "membuka gerbang" ke satelit alami milik Bumi tersebut. Sejak saat itu mereka membawa oleh-oleh berupa pemandangan menakjubkan yang disebut Earthrise.

Adalah Frank Borman, James Lovell, dan William "Bill" Anders yang mengambil visual tak biasa itu, yaitu detik-detik "Bumi terbit" saat dilihat dari orbit Bulan. Momen itu mereka abadikan pada tanggal 24 Desember 1968.




Diketahui, ketiga astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) itu merupakan manusia pertama yang meninggalkan Bumi hingga orbit Bulan. Saat itu, ketiganya menjalankan misi Apollo 8.

Dalam penugasan tersebut, mereka mendokumentasikan segala yang ditemui. Termasuk salah satunya pemandangan indah berupa sosok Bumi yang bagaikan terbit dari cakrawala Bulan tempat para astronot Apollo 8 sedang mengorbit.




"Kesepian yang luas di sini, di Bulan, yang sangat menakjubkan dan itu membuat Anda menyadari apa yang dimiliki saat di Bumi. Bumi dilihat dari sini adalah oasis besar di luar angkasa yang megah," kata Astronot Jim Lovell dikutip dari Instagram NASA.

Saat ini, usia dokumen tersebut telah berusia 50 tahun. Selama itu pula, pemandangan satu ini membukakan mata manusia bagaimana bentuk Bumi dilihat dari luar angkasa.

Dengan bentuk bulat dengan warna biru yang cerah, halus, dibalut bingkai warna gelap semesta di sekitarnya, memperlihatkan Bumi begitu memesona. Selama setengah abad, potret Bumi yang satu ini sering muncul di berbagai kesempatan yang berkaitan dengan astronomi.



(agt/krs)