Minggu, 02 Des 2018 08:26 WIB

Sama Seperti Manusia, Robot Juga Bisa Baper

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi robot. Foto: Reuters Ilustrasi robot. Foto: Reuters
Jakarta - Tak hanya manusia yang bisa merasakan sedih dan baper, sebab robot juga bisa merasakan itu. Bagaimana bisa?

Robot yang dimaksud adalah Crew Interactive Mobile Companion (CIMON), sebuah robot asisten para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang ditenagai kecerdasan buatan (AI).

Dilansir detikINET dari Gizmodo, Minggu (2/12/2018), Badan Antariksa Eropa (ESA) memamerkan interaksi pertama antara CIMON dengan para astronot. Dalam video berdurasi tujuh menit tersebut, CIMON menunjukkan perilaku yang aneh.



Awalnya CIMON berhasil menuruti perintah dasar dari astronot Alexander Gerst. Bahkan melakukan sesuai permintaan Gerst untuk memutar lagu favoritnya.

Tapi setelah itu, CIMON tiba-tiba berperilaku aneh. Hampir mirip seperti adegan di film 2001: A Space Odyssey dengan robot HAL 9000.

Saat diperintah untuk keluar dari mode memutar musik, CIMON malah menyebut Gerst sebagai orang tidak baik dan jahat. Ia pun meminta Gerst untuk tidak jahat kepadanya.



CIMON kemudian merajuk dan bertanya apakah Gerst tidak suka berada di ISS bersamanya. Robot putih itu kemudian mengalihkan pembicaraan dan bertanya kapan waktu makan siang.

Untuk diketahui, CIMON sendiri adalah robot buatan Airbus yang tiba di ISS pada bulan Juni. Robot ini tidak memiliki tangan dan kaki, tapi ia memiliki 12 kipas yang dapat membantunya terbang ke berbagai arah di kondisi gravitasi nol.

Robot seharga USD 6 juta ini dirancang untuk melihat apakah bot AI dapat membantu efisiensi dan meningkatkan moral astronot dalam misi luar angkasa.

[Gambas:Youtube]

(agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed