Kamis, 29 Nov 2018 11:17 WIB

'Lokasi' Baru Atlantis Ditemukan, Kali Ini di Mana?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Pencarian Atlantis terus berlangsung hingga saat ini, dengan satu titik di lepas pantai Spanyol jadi lokasi terbaru yang diklaim menyimpan sisa-sisa negeri dongeng tersebut. Foto: Istimewa Pencarian Atlantis terus berlangsung hingga saat ini, dengan satu titik di lepas pantai Spanyol jadi lokasi terbaru yang diklaim menyimpan sisa-sisa negeri dongeng tersebut. Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah perusahaan bernama Merlin Burrows mengklaim bahwa pihaknya telah menemukan lokasi tenggelamnya Atlantis. Mereka pun berencana untuk merilis sebuah dokumenter berjudul Atlantica yang disebutnya akan menjelaskan bukti-bukti keaslian dari negeri khayalan tersebut.

CEO Merlin Burrows, Bruce Blackburn, mengatakan pihaknya menggunakan data satelit untuk menyisir area yang dipercaya timnya menjadi lokasi dari Atlantis. Ia menambahkan, lingkup pencariannya dipilih berdasarkan tulisan Plato mengenai negeri tersebut.




Sekadar info, Atlantis muncul dalam buku Timaeus dan Critias tulisan guru Aristoteles itu. Plato menceritakan kisah tersebut sekitar 360 tahun sebelum masehi.

Temuan yang memakan watu bertahun-tahun itu akhirnya menunjuk lepas pantai dekat Donana National Park, Spanyol, sebagai lokasi tenggelamnya negeri dongeng tersebut. Merlin Burrows mengklaim terdapat sejumlah kuil dan menara di sana.

Mereka memperkirakan usia dari bangunan-bangunan tersebut berada di kisaran 10 ribu sampai 12 ribu tahun, sebagaimana detikINET kutip dari BGR, Kamis (29/11/2018). Hal ini cukup berdekatan dengan lini masa keberadaan Atlantis itu sendiri.




Menurut Plato, negeri khayalan tersebut ada sekitar 9.000 tahun sebelum masa hidupnya. Sedangkan filsuf kenamaan asal Yunani itu pertama kali menceritakan kisah tersebut sekitar 360 tahun sebelum masehi.

Sebelum temuan dari Merlin Burrows ini, sudah banyak teori yang menyebut di mana lokasi tenggelamnya Atlantis. Laut Tengah, pesisir Spanyol, sampai di bawah lapisan es Antartika, hanya segelintir perkiraan soal posisi negeri khayalan itu.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed