Selasa, 27 Nov 2018 16:05 WIB

Robot InSight Kirim Foto dari 'Rumah' Barunya di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto dari robot InSight yang berada di Mars. Foto: NASA Foto dari robot InSight yang berada di Mars. Foto: NASA
Jakarta - Begitu mendarat di Mars dengan selamat, robot InSight mengirimkan foto pertamanya ke Bumi berupa permukaan Mars. Dan sesaat kemudian, setelah membuka penutup lensa kameranya, InSight mengirimkan foto berikutnya berupa pemandangan suasana sekitar dan langit Mars.

Foto tersebut dipajang di akun Twitter @NASAInSight. "Ada cukup keindahan di sini. Menatap ke depan untuk mengeksplorasi rumah baruku," demikian tulis tweet yang disertai foto tersebut.

Tweet itu pun ramai dikomentari dan telah meraup lebih dari 53 ribu Like. Nantinya, tentu akan semakin banyak foto yang bakal dikirimkan InSight dari planet Merah.




InSight sukses mencapai permukaan Mars setelah melakukan perjalanan dari bulan Mei lalu selama sekitar 6,5 bulan. Saat ini, dia telah mengaktifkan panel tenaga surya sebagai sumber daya.

NASA menyatakan bahwa InSight akan mulai mengumpulkan sejumlah data dalam minggu pertama operasinya. Staff di Bumi saat ini intensif mengaktivasi dan melakukan kalibrasi seluruh sistemnya agar bekerja dengan lancar.

Salah satu tugas pertama InSight adalah memanfaatkan lengan robotnya yang akan mengambil foto lanskap Mars. Sedangkan berbagai penelitian yang menjadi misi utamanya akan berlangsung secara bertahap.

InSight mendarat di permukaan datar bernama Elysium Planitia. Ia dirancang melakukan misi selama 24 bulan untuk mengetahui bagaimana terbentuknya planet Mars.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed