Senin, 19 Nov 2018 20:10 WIB

Ambisi Pecahkan Rekor, SpaceX Malah Tunda Peluncuran Roket

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Roket Falcon 9 milik SpaceX seharusnya membuat sejarah saat dijadwalkan meluncur pada hari Senin (19/11). Sayang, peluncurannya harus ditunda.

Inti roket Falcon 9 ini sebelumnya telah digunakan dalam dua misi peluncuran pada tahun ini. Peluncuran yang ditunda ini seharusnya menjadi misi ketiganya dalam setahun, pencapaian pertama bagi inti roket buatan SpaceX.



SpaceX pun mengumumkan penundaan ini lewat akun Twitter resmi mereka. Tapi, tidak dijelaskan lebih lanjut apa yang menyebabkan penundaan ini.

"Upaya peluncuran Spaceflight SSO-A: SmallSat Express pada hari Senin ditunda untuk melakukan inspeksi pra-terbang tambahan. Setelah selesai, kami akan mengkonfirmasi tanggal peluncuran baru," tulis SpaceX melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip detikINET dari Space, Senin (19/11/2018).

Dalam peluncuran ini, Falcon 9 seharusnya membawa 64 satelit kecil menuju orbit. Sebelumnya, inti roket tersebut telah meluncurkan satelit komunikasi Bangabandhu-1 untuk pemerintah Bangladesh pada bulan Mei.

Pada bulan Agustus, inti roket yang sama juga meluncurkan satelit Merah Putih milik Telkom.



Keberhasilan untuk menggunakan ulang inti roket Falcon 9 sebanyak tiga kali tentu merupakan pencapaian tersendiri bagi SpaceX. Terutama mengingat prioritas mereka untuk memotong biaya perjalanan luar angkasa dengan menggunakan roket berulang kali bisa tercapai. (vim/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed