Senin, 19 Nov 2018 14:28 WIB

NASA: Selamat Tinggal, Kepler

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: NASA Foto: NASA
Jakarta - Teleskop antariksa NASA bernama Kepler sudah dinyatakan pensiun karena kehabisan bahan bakar. Begini cara NASA untuk mengucapkan selamat tinggal pada teleskop pencari planet baru itu.

Dalam postingan terbaru Jet Propulsion Laboratory milik NASA, mereka menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil untuk memensiunkan Kepler. Dan hal tersebut tak semudah yang dibayangkan.

Menurut mereka, habisnya bahan bakar Kepler membuat teleskop itu tak bisa lagi beroperasi. Namun masih ada sejumlah perintah yang harus harus diberikan untuk memastikan teleskop itu tak kembali hidup.


Tim Kepler harus mematikan mode keamanan yang bisa kembali menyalakan sistem, lalu mereka juga harus memutuskan jalur komunikasi teleskop tersebut dengan mematikan transmiternya.

Kemudian, karena Kepler saat ini berputar dengan sangat lambat, mereka harus menghitung dengan akurat waktu untuk memberikan perintahnya, agar perintah tersebut bisa diterima dengan sempurna.

Tim Kepler pun harus terus memantau pesawat luar angkasa itu untuk memastikan perintahnya diterima dengan sempurna, dan saat ini Kepler tengah bergerak menuju orbit amannya di sekitar matahari yang berjarak sekitar 94 juta mil dari bumi.

Untuk menghargai semua jasa-jasa Kepler sudah menemukan lebih dari 2.600 planet di luar sistem Tata Surya, dengan banyak di antaranya dipercaya memiliki potensi untuk dihuni, NASA membuat sebuah video yang berisi testimoni dari timnya mengenai teleskop Kepler.


Pensiunnya Kepler ini tak membuat NASA berhenti mencari planet-planet baru di luar sistem Tata Surya. Mereka kini sudah punya penerus Kepler, yaitu Transit Exoplanet Survey Satellite (TESS) yang proyeknya bernilai sekitar USD 337 juta, atau sekitar Rp 5 triliun.

[Gambas:Youtube]





Tonton juga 'Gunung Es Persegi Panjang Sempurna Ditemukan di Kutub Selatan':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed