Rabu, 19 Sep 2018 10:13 WIB

Yusaku Maezawa ke Bulan, Personil NSYNC Dulu Juga Siap Mengangkasa

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Personil NSYNC Lance Bass dulu pernah siap-siap mengangkasa (Foto: Space Adventures/Getty Images) Personil NSYNC Lance Bass dulu pernah siap-siap mengangkasa (Foto: Space Adventures/Getty Images)
Jakarta - Jauh sebelum SpaceX menunjuk Yusaku Maezawa ke Bulan, ada pula personil boy band NSYNC yang pernah siap-siap berangkat ke luar angkasa. Ini kisahnya.

Elon Musk baru saja mengumumkan bahwa perusahaan antariksa besutannya, SpaceX, akan memboyong miliuner asal Jepang bernama Yusaku Maezawa sebagai turis yang bakal mengelilingi Bulan menggunakan roket BFR.

Hal itu lantas kembali memunculkan sebuah kisah di masa lalu.




Masih ingat dengan grup musik NSYNC? Salah satu personilnya, Lance Bass, sudah mempersiapkan diri untuk menjadi seorang angkasawan jauh sebelum SpaceX menunjuk Maezawa.

Medio 2002, Bass mengajukan diri untuk bergabung pada misi yang dijalankan oleh pemerintah Rusia untuk menuju International Space Station (ISS). Setelah menjalani pelatihan selama berbulan-bulan, ia pun sudah mendapat sertifikasi dari NASA maupun Roscosmos.

Sayangnya, perjalanan Bass terkendala biaya. Seiring waktu, ia gagal menggalang dana yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut. Padahal, di usianya yang masih 23 saat itu, ia bisa saja menjadi orang termuda yang berkelana ke antariksa.




Sejak saat itu, Bass pun terus melobi dan melakukan kontak, baik kepada pemerintah AS maupun Rusia. Harapannya, dirinya bisa membuat perjalanan ke luar angkasa itu menjadi kenyataan.


Yusaku Maezawa ke Bulan, Personil NSYNC Dulu Juga Siap MengangkasaPersonil NSYNC Lance Bass dulu pernah siap-siap mengangkasa (Foto: Brad Barket/Getty Images for AXE)


"Masih belum ada tanggal yang pasti, tapi saya memang memiliki rencana pergi. Walau begitu, dalam lima sampai 10 tahun ke depan, begitu perjalanan ke luar angkasa lebih banyak dilakukan, saya bisa tergabung dalam misi tersebut," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Business Insider pada tahun 2016.

Sampai saat ini, masih belum ada informasi terbaru mengenai kejelasan dari misi yang berpotensi untuk diikuti oleh Bass tersebut. Tapi Bass diprediksi bakal ikut antusias dengan perjalanan Maezawa ke bulan, mengingat hal itu bukan tak mungkin ikut mendorong rencananya mengangkasa setelah tertunda sekian lama.



Cek video Upacara Penyerahan Komando Stasiun Ruang Angkasa (mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed