Kamis, 28 Jun 2018 22:54 WIB

NASA Tunda Peluncuran Penerus Teleskop Hubble

Virgina Maulita Putri - detikInet
Teleskop Hubble. Foto: NASA Teleskop Hubble. Foto: NASA
Jakarta - NASA baru saja mengumumkan penundaan peluncuran James Webb Space Telescope (JWST). NASA kemudian menargetkan peluncuran teleskop ini pada 30 Maret 2021.

Penundaan ini merupakan yang kesekian kalinya yang dialami oleh JWST. Pada tahun 2011, NASA telah menargetkan untuk meluncurkan JWST pada tahun 2018.

Namun, semakin mendekati tanggal yang ditargetkan, peluncuran justru terus diundur. Pertama diundur ke tahun 2019, kemudian pada bulan Maret 2018 diundur ke tahun 2020, dan sekarang ke bulan Maret 2021.



Kepala Sains NASA, Thomas Zurbuchen dalam panggilan konferensinya dengan wartawan mengatakan bahwa JWST akan menjadi observatorium luar angkasa terhebat milik NASA dan pengembangannya harus dilanjutkan karena potensi dan ilmu spektakuler yang akan dibawanya.

Tanggal peluncuran baru ini merupakan rekomendasi dari Independent Review Board (IRB) yang mengawasi JWST. IRB juga menekankan bahwa misi ini harus dilanjutkan dan pentingnya untuk menyelesaikan misi ini dengan benar.

"Kompleksitas dan risikonya tidak dibesar-besarkan," kata anggota IRB, Thomas Young, seperti dikutip detikINET dari CNET, Kamis (28/6/2018).

Young menjelaskan penundaan yang sudah mencapai 29 bulan ini diakibatkan kombinasi beberapa faktor seperti human error, masalah di perangkat keras, kurangnya pengalaman, optimisme berlebihan dan sistem kompleks yang terlibat.

Salah satu masalah yang terus mengganggu adalah sunshield raksasa milik JWST yang sangat rumit. Keseluruhan teleskop nantinya harus dibuka seperti origami saat sudah di luar angkasa. Tetapi struktur sunshield raksasa ini sangat tipis sehingga berpotensi untuk tersangkut atau robek saat proses pembukaan.



NASA sendiri membangun JWST sebagai penerus Hubble Space Telescope untuk menjawab pertanyaan penting tentang tata surya kita, termasuk apakah kita sendiri di alam semesta.

JWST juga merupakan observatorium dengan ukuran yang jauh lebih besar dan lebih bertenaga dibandingkan dengan Hubble. Cermin utama yang dimiliki JWST berukuran enam kali lebih besar dibandingkan dengan cermin yang dimiliki oleh Hubble. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed