BERITA TERBARU
Kamis, 03 Mei 2018 17:38 WIB

NASA Sukses Uji Coba Reaktor Nuklir Buat Planet Mars

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi planet Mars. Foto: BBC Magazine Ilustrasi planet Mars. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Demi mewujudkan misi ke Mars, badan antariksa Amerika Serikat melakukan uji coba terhadap reaktor nuklir yang akan digunakan di Planet Merah tersebut.

NASA, bekerja sama dengan Los Alamos National Laboratory, Departemen Energi Amerika Serikat, dan sejumlah pihak lain, telah berhasil melakukan uji coba terhadap reaktor nuklir buatannya. Sistem yang diberi nama Kilopower ini disebut bekerja dengan sangat baik.

Tim yang bertanggung jawab dalam proyek ini melakukan uji coba selama 20 jam dengan kekuatan maksimum di Nevada, Amerika Serikat, yang bertujuan untuk memastikan seberapa baik performanya. Sistem ini didesain untuk dapat diterbangkan dan disesuaikan dengan kondisi di luar angkasa.

Dalam tes tersebut, Kilopower dapat memenuhi ekspektasi para peneliti dengan memproduksi lebih banyak energi panas dari yang sudah diprediksi sebelumnya. Selain itu, sistem ini pun dapat menjaga temperatur tetap normal ketika menghadapai kondisi ekstrem.



Salah satu kondisi ekstrem tersebut adalah dengan memutus sistem pendingin dari Kilopower. Hasilnya, perubahan temperatur pada reaktor nuklir tersebut hanya mencapai 15 derajat secara maksimum, sebagaimana detikINET kutip dari Engadget, Kamis (3/5/2018).

Versi Kilopower yang memiliki kekuatan rendah, yaitu satu kilowatt, dapat digunakan untuk menjadi sumber daya bagi pemanggang roti. Sedangkan versi yang lebih besar, yaitu 10 kilowatt, dapat melakukan semakin banyak kegiatan.

Nantinya, jika versi 10 kilowatt tersebut dapat ditingkatkan hingga empat atau lima kali lipat, sistem tersebut ditargetkan dapat menjadi sumber tenaga di Mars. Terlebih, Kilopower tidak bergantung dengan tenaga Matahari sehingga dapat digunakan di planet minim cahaya dari bintang tersebut, di daerah yang diselubungi bayangan, hingga saat badai pasir.

Ke depannya, tim dibalik Kilopower berencana untuk melakukan uji coba peluncuran bagi reaktor nuklir ini, walau belum ada lini masa yang pasti terkait rencana tersebut. Yang jelas, dalam 18 bulan ke depan, mereka akan fokus dalam menemukan apa saja yang dibutuhkan untuk mendesain, membangun, serta menerbangkan reaktor tersebut. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed