Sabtu, 21 Apr 2018 06:28 WIB

Bill Gates Dukung Live Streaming Pantau Bumi Bulat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Penampakan Bumi dari angkasa. Foto: Instagram Penampakan Bumi dari angkasa. Foto: Instagram
Jakarta - Upaya EarthNow dalam menyediakan live streaming untuk memantau Bumi didukung oleh sejumlah pihak. Padahal, perusahaan tersebut baru didirikan pada tahun 2017 lalu.

EarthNow berhasrat untuk melakukan live streaming kualitas definisi tinggi atau HD dalam mengamati Bumi yang bulat ini selama 24 jam penuh. Pemantauan ini untuk melacak aktivitas penangkapan ikan secara ilegal, cuaca, dan lainnya.

"Tujuan kami sederhana, kami ingin menghubungkan Anda secara visual dengan Bumi yang dilakukan secara real-time," ujar Pendiri EarthNow Russel Hannigan yang dikutip detikINET dari Metro, Sabtu (21/4/2018).



Hal itu akan dilakukan ketika EarthNow berhasil meluncurkan serangkaian satelit dengan bobot masing-masing sekitar 500 pon atau 225 kilogram. Meskipun pihak perusahaan belum mengungkapkan nilai investasinya, tapi diperkirakan EarthNow merogoh kocek hingga USD 1 miliar untuk proyek ini.

Perusahaan yang berbasis di Bellevue, Washington, Amerika Serikat berharap layanannya akan diminati pasar enterprise dan pemerintah.

"Kami percaya kemampuan untuk melihat dan memahami Bumi hidup dan tanpa filter akan membantu kita semua untuk lebih menghargai dan pada akhirnya peduli untuk satu-satunya rumah kita ini," tutur Hannigan.

Kendati belum diketahui kapan peluncurannya dan layanan live streaming Bumi ini bisa dilakukan, tetapi sejumlah nama tenar sudah mendukungnya. Sebut saja pendiri Microsoft Bill Gates, CEO SoftBank Masayoshi Son dan perusahaan dirgantara Airbus.

"Kami sangat antusias untuk memberikan semua orang jendela indah real-time tentang dunia Anda dari antariksa. Dengan EarthNow, kita semua akan menjadi astronot virtual," pungkas Hannigan. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed