Jumat, 06 Apr 2018 12:59 WIB

Penyebab Dinosaurus Punah Ternyata Bukan Cuma Asteroid

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasu dinosaurus. Foto: BBC Magazine Ilustrasu dinosaurus. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Jatuhnya asteroid nyatanya bukan satu-satunya penyebab punahnya dinosaurus. Munculnya tanaman berbunga di Bumi ternyata menjadi awal petaka dari spesies tersebut.

Studi terkini menyebutkan bahwa kemunculan tanaman berbunga di dunia menjadi penyebab awal punahnya dinosaurus, sebelum akhirnya benar-benar musnah oleh hantaman asteroid. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan lewat jurnal bernama Ideas in Ecology and Evolution

Gordon Gallup, profesor dari University of Albany sekaligus penulis dari laporan studi tersebut, mengatakan bahwa dinosaurus kemungkinan terlalu lambat dalam berevolusi untuk mempelajari rasa dari makanan.

Hal ini dapat menyebabkan minimnya kepekaan mereka terhadap bahaya dari tumbuhan berbunga, dengan beberapa diantaranya dikategorikan sebagai tanaman beracun.

"Meskipun asteroid memang berperan besar dalam kemusnahan dinosaurus, ketidakmampuan dinosaurus untuk menahan diri terhadap sejumlah tanaman beracun menjadi penyebab awal banyaknya kematian pada spesies tersebut," ujarnya, seperti detikINET kutip dari CNET, Jumat (6/4/2018).

Gallup, yang melakukan riset ini dengan mantan muridnya bernama Michael J. Frederick, meneliti sejumlah fosil dinosaurus dalam menulis laporan studi tersebut. Hasilnya, mereka menemukan bahwa terdapat sisa-sisa tumbuhan beracun pada beberapa fosil yang diteliti keduanya.

Selain itu, Gallup dan Frederick juga mempelajari spesies burung dan buaya yang dianggap sebagai turunan dari dinosaurus. Mereka berusaha untuk mengetahui apakah keduanya memiliki kemampuan dalam mempelajari makanan yang mengandung racun.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa burung mampu menghindari benda-benda yang berpotensi membuatnya sakit dengan mengamatinya secara visual. Sedangkan buaya tidak mempedulikan potensi bahaya tersebut, layaknya pendahulu tuanya, dinosaurus.

Sebelumnya, Katarina Milijkovic dari Institue of Earth Physics, Paris, Prancis, memimpin sebuah studi yang menunjukkan bahwa dinosaurus musnah oleh bukan hanya oleh satu asteroid, melainkan dua. Daerah bernama Chicxulub di Meksiko diperkirakan menjadi lokasi jatuhnya duo asteroid tersebut. (fyk/rou)