Sabtu, 05 Jan 2019 19:23 WIB

Kisah Telepon Nyasar yang Bikin NASA Kalang kabut

Virgina Maulita Putri - detikInet
NASA pernah dibuat kalang kabut lantaran telepon nyasar yang dibuat oleh seorang astronot yang sedang menjalani misi di stasiun luar angkasa. Foto: Getty Images NASA pernah dibuat kalang kabut lantaran telepon nyasar yang dibuat oleh seorang astronot yang sedang menjalani misi di stasiun luar angkasa. Foto: Getty Images
Jakarta - Hanya dengan sebuah panggilan telepon, seorang astronot yang sedang menjalani misi di luar angkasa bisa membuat satu kantor NASA panik tak keruan. Adalah André Kuipers, angkasawan dari European Space Agency (ESA) asal Belanda yang sanggup melakukannya.

Ia sempat tinggal dan bekerja di International Space Station (ISS) pada Desember 2011 hingga Juli 2012. Dalam misinya itu, ia ingin melakukan panggilan telepon ke Bumi, tanpa ada niat untuk iseng dan berbuat kenakalan lainnya.


Astronot yang berada di ISS memang diperbolehkan untuk melakukan panggilan telepon jarak jauh ke nomor yang mereka tuju di Planet Biru ini. Panggilan telepon tersebut nantinya akan disambungkan terlebih dahulu di switchboard yang berada di pusat kontrol di Houston, Amerika Serikat.

Nah, saat Kuipers ingin membuat panggilan telepon, ia seharusnya menekan tombol 9 terlebih dahulu untuk tersambung ke Houston, kemudian 011 untuk melakukan panggilan internasional. Ternyata, ia malah lupa menekan tombol '0' sehingga terhubung ke 911.

Panggilan tersebut tentu langsung membuat Johnson Space Center yang bermarkas di Houston menjadi panik. Bagaimana tidak, 911 merupakan nomor untuk panggilan darurat di Negeri Paman Sam.

Peringatan keamanan pun aktif dan tim keamanan langsung mengecek ruangan di mana panggilan Kuipers terhubung. Tim tersebut tentu tidak menemukan ada sesuatu yang fatal dan Kuipers mengaku ia membuat sedikit kesalahan.

"Saya membuat kesalahan. Esoknya saya mendapatkan email yang menanyakan apakah saya menelepon 911," ujar Kuipers dalam wawancara dengan media Belanda, seperti dikutip detikINET dari Geek.com, Sabtu (5/1/2019).

Meski mengaku salah, ada satu hal yang disayangkan oleh Kuipers. Ia berkelakar bahwa dirinya sedikit kecewa karena tidak ada siapa pun dari Bumi yang merespons dengan langsung mengunjungi ISS.


Sekadar info, ini bukan pertama kalinya astronot yang berada di ISS melakukan panggilan salah sambung. Sebelumnya, astronot asal Inggris, Tim Peake, sempat melakukan hal serupa.

Saat berada di luar angkasa, ia pernah tidak sengaja salah menelepon seorang wanita dan bertanya 'Halo, apakah ini planet Bumi?'. Ia pun meminta maaf lewat akun Twitter miliknya dan mengatakan bahwa itu bukan panggilan iseng tapi hanya salah sambung. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed