Review Realme Smart TV Stick: Bikin Smart TV Modal 600 Ribu

ADVERTISEMENT

Review Realme Smart TV Stick: Bikin Smart TV Modal 600 Ribu

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 03 Sep 2022 10:15 WIB
Realme Smart TV Stick
Realme Smart TV Stick. Foto: detikINET
Jakarta -

Belakangan smart TV makin dilirik masyarakat di Tanah Air. Sebab kita bisa menikmati konten di internet pada layar yang lebih besar sehingga lebih memuaskan pandangan mata.

Kendati harganya makin terjangkau, lantaran perangkat televisi di rumah masih dalam kondisi prima, banyak orang pikir-pikir mengadopsi smart TV. Tapi bukan berarti tidak ada solusi bagi pemilik TV tabung atau LCD bisa menikmati YouTube, Disney+ Hotstar, Netflix dan layanan sejenisnya.

Saat ini ada perangkat yang dapat menyulap perangkat jadul tadi menjadi smart TV. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, karena harganya sangat terjangkau.

Salah satunya yang detikINET review kali ini. Ada Realme Smart TV Stick yang dibanderol Rp 599.000, berikut ulasan singkatnya.

Unboxing

Dalam kotak penjualannya, selain berisi unit Realme Smart TV Stick itu sendiri, pengguna akan mendapat remote control, baterai AAA, konektor HDMI, kabel micro-USB, dan adaptor.

Realme Smart TV StickRealme Smart TV Stick Foto: detikINET

Desain

Smart TV Stick berbentuk mungil seperti perangkat flash disk. Bedanya di bagian ujung terdapat port HDMI, selain itu ada port micro-USB untuk pengisian daya.

Realme membuat Smart TV Stick berdimensi 90 x 29,8 x 14,5 mm, jadi mudah dibawa ke mana-mana. Apalagi bobotnya hanya 225,4 gram.

Realme Smart TV StickRealme Smart TV Stick Foto: Realme

Cara menggunakannya sangat gampang. Kita hanya perlu mencolokkan Smart TV Stick ke port HDMI yang ada di TV. Kalau TV tersebut menempel di dinding, kita bisa memanfaatkan konektor HDMI yang diberikan Realme.

Bila mana masih menggunakan TV tabung, siapkan converter RCA ke HDMI.

Beralih unit remote control, Realme membuatnya simple. Ada empat tombol shortcut untuk mengakses aplikasi Netflix, Youtube, Youtube Music dan Prime Video.

Dengan adanya tombol khusus ini begitu memudahkan mengakses ke platform tersebut. Hanya perlu menekan satu tombol saja sudah langsung berpindah dari satu ke layanan lainnya.

Realme Smart TV StickRealme Smart TV Stick Foto: Realme

Selain itu ada terdapat tombol khusus Google Voice di bagian bawah. Kita dapat mudah mengakses cepat ke sejumlah aplikasi tanpa harus menekan banyak tombol atau mencari konten tanpa perlu mengetik.

Meskipun pada beberapa penggunaan terkadang sulit menangkap yang diucapkan pengguna atau hasilnya delay.

Selanjutnya Spesifikasi dan Performa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT