Review Huawei MateBook X Pro 2022: Teman Kerja yang Mumpuni

Review Huawei MateBook X Pro 2022: Teman Kerja yang Mumpuni

ADVERTISEMENT

Review Huawei MateBook X Pro 2022: Teman Kerja yang Mumpuni

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 20 Agu 2022 18:55 WIB
Huawei MateBook X Pro
Review Huawei MateBook X Pro 2022: Teman Kerja yang Mumpuni. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Huawei benar-benar serius mengarap pasar laptop di Indonesia. Buktinya tidak hanya perangkat ramah kantong saja yang dihadirkannya, laptop seharga Rp 30 jutaan pun diboyong ke Tanah Air.

Ya, perangkat yang dimaksud adalah MateBook X Pro 2022. Perangkat ini belum lama diperkenalkan di Bangkok Thailand dan langsung dirilis di Indonesia.

MateBook X Pro 2022 menyuguhkan tampilan premium. Dia turut dibekali prosesor Intel Core Generasi ke-12, dan menjadi laptop EVO pertama Huawei yang dihadirkan ke Tanah Air. Tapi, akan kah semua itu membuat MateBook X Pro 2022 ini dilirik untuk menemani kerja mobile atau membuat konten kreatif? Berikut review singkatnya


Desain

Huawei begitu mengedepankan desain MateBook X Pro. Nuansa premium begitu kuat terasa, baik saat memandangnya maupun saat memegang secara langsung.

Sejatinya ada tiga varian warna yang dihadirkan Huawei, yakni Space Gray, White dan Ink Blue. Namun hanya Ink Blue saja masuk Indonesia yang sekaligus bertandang ke ruang redaksi.

Huawei MateBook X ProHuawei MateBook X Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Body MateBook X Pro 2022 model Ink Blue mengusung finishing matte, membuat nyaman tangan saat menyentuhnya. Namun pastikan tangan dalam kondisi bersih, tidak berkeringat atau berminyak, saat menyentuhnya agar tidak meninggalkan noda pada permukaan bodinya.

Kendati bodynya dibuat dari bahan metal, MateBook X Pro tergolong ringan Bobot laptopp ini hanya 1,26 kilogram saja, sehingga tidak bikin pundak pegal jika membawanya saat kerja mobile.

Karena bodinya tipis, Huwei hanya menyediakan dua port Thunderbolt 4 di sisi kiri, dua port USB type C di kanann. Tidak ketinggalan ada port jack audio 3.5 mm di sisi kiri.

Layar dan Audio

Ketika membuka MateBook X Pro, kita akan akan disambut layar dengan bezel yang begitu tipis di sisi kiri, atas dan kanan. Ini membuat screen to body mencapai 92,5%. Menakjubkannya kendati bezelnya tipis, Huawei masih bisa menyisipkan webcam HD di bagian atas layar.

Layar laptop ini menyuguhkan tampilan warna yang memanjakan mata meski belum mengusung panel OLED yang tengah ngetrend. Semua itu berkat layar LTPS berukurann 14,2 inch dengan resolusi 3.120 x 2.080 piksel, refresh rate 90Hz, rasio 3:2 dan kerapatan piksel 264-PPI.

Huawei MateBook X ProHuawei MateBook X Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selain itu, layar menawarkan kecerahan maksimum 500 nits, cakupan 100% gamut warna P3, rasio kontras 1500:1, sudut pandang 178 derajat dan menghasilkan 1,07 miliar warna.

Bagi content creator, Huawei menyediakan tiga opsi mode warna, yakni Native, sRGB dan P3. Pengaturannya dilakukan lewat Display Manager. Kita pun dapat mengaktifkan mode Natural, Eye Comfort untuk mengurangi pancaran sinar biru demi menjaga kesehatan mata.

Sedikit tambahan, kendati punya layar touchscreen, kami jarang menggunakannya. Kami lebih menggunakan touchpad atau mouse untuk navigasi, andaikata layar MateBook X Pro ini bisa diputar mungkin adanya touchsreen bisa lebih maksimal digunakan.

Beralih ke audio, MateBook X Pro punya empat speaker yang dipadukan dengan fitur Huawei Sound. Dua ditempatkan di sisi kanan dan kiri keyboard, dua sisanyya di sisi samping kiri dan kanan bawah bodi.

Suara yang dihasilkan lantang dan jernih saat memutar musik atau menonton film di Netfix. Semua berkat adanya enam speaker yang dipasang pada laptopnya ini dan dipadukan fitur Huawei Sound.

Selanjutnya Fitur Meeting Online

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT