Review Realme Buds Air 3, Desain Minimalis Suara Mantap

ADVERTISEMENT

Review Realme Buds Air 3, Desain Minimalis Suara Mantap

Josina - detikInet
Jumat, 08 Apr 2022 22:11 WIB
Realme Buds Air 3
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pada Maret 2022, Realme meluncurkan generasi baru perangkat audio nirkabel yakni Buds Air 3 di Indonesia dengan tagline Noise Off, Rock On. TWS atau True Wireless Sound terbaru dari Realme ini mendapatkan banyak peningkatan kemampuan serta diberikan fitur-fitur anyar dari generasi sebelumnya.

Dibanderol Rp 699.000 TWS Realme Buds Air 3 hadir dengan dua varian warna Galaxy White dan Starry Blue. Bagaimana performanya? detikINET pun telah menjajal perangkat ini kurang lebih selama dua minggu. Simak ulasan lengkapnya.

Desain

Minimalis dan estetik, demikian kesan pertama detikINET terhadap TWS (True Wireless Stereo) dengan varian warna Galaxy White ini. Sama dengan generasi sebelumnya desain melengkung setiap sudut masih digunakan Realme untuk bodi casing pengisi dayanya namun untuk Buds Air 3 memiliki ukuran yang lebih panjang ke samping dengan dimensi 64,5 x 48,3 x 24,3 mm.

Berbalut bahan polycarbonat seluruh bodinya didominasi warna putih yang mengkilap meski demikian Buds Air 3 ini tidak mudah kotor ataupun meninggalkan jejak sidik jari.

Pada sisi depan Buds Air 3 tepatnya bagian tengah terdapat titik kecil yang merupakan lampu LED berfungsi sebagai indikator saat penggunaan atau pengisian daya perangkat.

Realme Buds Air 3Review Realme Buds Air 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lalu pada bagian atasnya terdapat tulisan Realme berwarna silver yang dilapisi dengan bahan transparan sehingga terlihat lebih futuristik. Desain buka tutupnya pun dibuat kokoh dan kuat dengan paduan magnet.

Sementara di bagian sisi kanan casing Realme Buds Air 3 ini terdapat tombol yang berfungsi untuk mengkoneksikan via Bluetooth ke perangkat smartphone ataupun laptop, mengaktifkan fitur ANC, atau untuk me-reset ke pengaturan pabrik.

Dengan memiliki bobot 37.2 gram casing Realme Buds Air gampang dibawa kemana-mana, nyaman digenggam dan tidak memakan tempat untuk dimasukkan ke dalam tas karena bentuknya yang mungil.

Realme Buds Air 3Realme Buds Air 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Beralih ke earbuds Realme Buds Air 3, earbuds ini memiliki perpaduan warna putih dengan batangnya berwarna silver. Saat dipasangkan ke lubang telinga earbud yang memiliki berat 4.2 gram terasa pas di telinga dan tidak mudah lepas saat bergerak.

Dengan earbuds yang berbahan silikon , dipakai dalam waktu jangka lama pun seperti mendengarkan musik di Spotify atau menonton video tidak membuat kuping sakit.

Ohya, Realme Buds Air 3 ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi IPX5 jadi tak perlu khawatir jika TWS ini terkena cipratan air ataupun keringat karena sudah tahan air.

Koneksi

Menghubungkan Realme Buds Air 3 ke smartphone sangat mudah. Pertama buka penutup casing lalu tekan dan tahan tombol yang ada di samping selama tiga detik untuk mengaktifkan fungsi Bluetooth.

Proses pairing berjalan dengan mulus baik di perangkat iOS Android, hingga Windows. Hal ini berkat adanya dukungan teknologi Bluetooth 5.2.

Saat sudah terhubung, Realme Buds Air 3 akan otomatis terkoneksi dengan ponsel, tablet ataupun laptop yang sudah disambungkan dan siap digunakan.

Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, TWS ini pun tetap dapat diputar dengan lancar meski jarak yang jauh dari smartphone. Dan ketika detiKINET menoba menggunakan salah satu earbudsnya saja, TWS ini masih tetap memutarkan musik.

Buat kamu yang bukan pengguna Realme, bisa menginstall aplikasi Realme Link di Google Play Store secara gratis. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengelola konfigurasi realme Buds Air 3.

Seperti melakukan pembaruan, melihat persentase baterai earbuds. Tak hanya itu dengan aplikasi ini kita bisa mengontrol pilihan Noise, Sound Effect, mengaktifkan Game Mode dan lainnya.

Halaman selanjutnya: Fitur >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT