Review Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite, Cocok Buat Ruangan Mungil

Review Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite, Cocok Buat Ruangan Mungil

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 08:20 WIB
Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite
Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite. Foto: Rachmatunnisa
Jakarta -

Lebih sering berada di rumah sejak pandemi melanda, membuat orang-orang jadi lebih memperhatikan kebersihan rumah. Tren ini kemudian didukung kehadiran berbagai perlengkapan rumah pintar, salah satunya pembersih udara Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite.

Saat Xiaomi merilis pemurni udara terbarunya pada akhir 2021, ada dua jenis Mi Air Purifier generasi keempat yang ditawarkan, yaitu Smart Air Purifier 4 Pro dan Smart Air Purifier 4 Lite. Nah, yang akan diulas detikINET kali ini adalah Smart Air Purifier 4 Lite.

Seperti namanya yang dilabeli Lite, versi yang ini disebut-sebut sebagai versi lebih ringan, ringkas, dan terjangkau dibandingkan Smart Air Purifier 4 Pro. Simak review detikINET mencoba perangkat pintar ini.

Xiaomi Smart Air Purifier 4 LiteXiaomi Smart Air Purifier 4 Lite. Foto: Rachmatunnisa

Desain

Bodi Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite dibangun dari material plastik berkualitas dan kokoh. Perangkat ini tampil dengan desain simple, dan pilihan warna putih dengan tampilan matte membuatnya terlihat bersih dan minimalis.

Berukuran 240 x 240 x 533,5 mm dan bobot sekitar 4,8 kg, Smart Air Purifier 4 Lite cukup ringkas dan mudah dipindah-pindah. Di bagian bawah ada rubber feet sehingga perangkat tidak licin dan berdiri dengan stabil.

Lubang-lubang penyaring udaranya ditempatkan di sekeliling bagian bawah secara estetik sehingga tak hanya fungsional, tetapi juga mempercantik tampilan perangkat ini.

Kemudian di bagian depan, kita akan menemukan layar OLED berbentuk lingkaran. Layar ini menampilkan status mode perangkat, kualitas udara, skor partikulat udara, kelembaban, suhu, hingga WiFi. Oya, layarnya bisa terlihat dengan jelas dan baik dari berbagai angle.

Tingkat kecerahan layar bisa diatur lewat tombol dengan ikon Matahari di bagian belakang, tepat di atas colokan kabel power. Jika diperhatikan dan diraba, pada sisi kiri dan kanan perangkat ini ada dua tombol tak terlihat untuk membuka bagian atas tempat kipas udara.

Xiaomi Smart Air Purifier 4 LiteXiaomi Smart Air Purifier 4 Lite. Foto: Rachmatunnisa

Kita baru bisa mengetahuinya jika menekan garis kotak di kedua sisi tersebut secara bersamaan. Desain ini pun layak diapresiasi karena dibuat agak tersembunyi sehingga tidak mengganggu penampilan perangkat.

Beralih ke bagian atas, ada tombol power di sisi kiri dan kontrol mode perangkat di sisi kanan. Kedua tombol ini bukan jenis tombol fisik yang menonjol melainkan seperti touch screen. Sehingga lagi-lagi, ini juga jadi nilai tambah untuk tampilan desain yang sleek.

Selanjutnya: Cara Menggunakan