Review Realme 9 Pro Plus: Kamera Flagship di Kelas Menengah - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Review Realme 9 Pro Plus: Kamera Flagship di Kelas Menengah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 16 Mar 2022 09:45 WIB
Realme 9 Pro Plus
Review Realme 9 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar dan Antarmuka

Realme 9 Pro Plus dilengkapi dengan layar Super AMOLED dengan bentangan 6,4 inch. Resolusinya Full HD+ dengan rasio screen-to-body 90,8%.

Refresh rate layarnya 90Hz, agak kurang dibandingkan kompetitor lain di kelasnya yang sudah menggunakan refresh rate 120Hz. Tapi touch sampling rate-nya 360Hz, sehingga layarnya lebih responsif saat digunakan untuk main game.

Untuk mendukung pengalaman multimedianya, Realme menyematkan fitur O1 Ultra Vision Engine. Fitur ini bisa meningkatkan kualitas video dari SDR menjadi HDR di beberapa aplikasi tertentu, seperti Instagram dan TikTok.

Realme 9 Pro Plus juga mendukung Widevine L1 yang memungkinkan pengguna untuk nonton Netflix dengan kualitas HD. Secara keseluruhan, Realme 9 Pro Plus memiliki layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan nyaman dilihat dalam situasi apapun, termasuk saat di luar ruangan dan kondisi minim cahaya.

Realme 9 Pro PlusRealme 9 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Realme juga menyematkan speaker di bagian atas dan bawah untuk mendukung pengalaman gaming dan menonton yang lebih optimal. Tidak ketinggalan dukungan Dolby Atmos yang bisa dirasakan saat menghubungkan headphone ke ponsel.

Untuk keamanan tambahan, Realme 9 Pro Plus memiliki sensor sidik jari bawah layar yang cukup responsif. Uniknya, sensor sidik jari ini bisa digunakan untuk mengukur detak jantung yang dapat diakses lewat fitur Realme Labs. Hasil pengukurannya pun tidak beda jauh dengan pengukuran menggunakan smartwatch.

Beralih ke software dan antarmuka, Realme 9 Pro Plus menjalankan Android 12 yang berbalut Realme UI 3.0. Fitur utama dari Android 12 seperti indikator dan dashboard privasi turut dibawa ke ponsel ini, tapi yang paling menonjol adalah opsi personalisasi yang lebih beragam.

Hal ini kemungkinan ikut dipengaruhi oleh Android 12 yang memang mengedepankan fitur personalisasi. Contohnya fitur Wallpaper Color Picking yang memungkinkan pengguna memilih warna tema secara otomatis sesuai dengan wallpaper yang dipasang.

Jika dibandingkan dengan fitur serupa yang ada di Google Pixel, fitur color picker yang ditawarkan Realme UI 3.0 jauh lebih kaya dan intuitif. Untuk urusan software dan personalisasi, Realme UI 3.0 dapat nilai A+.

Performa dan Baterai

Realme 9 Pro Plus mengusung chipset MediaTek Dimensity 920. Chip 6nm ini sudah memiliki modem 5G yang terintegrasi.

Chipset ini dipadukan dengan pilihan RAM 6GB/8GB dan memori internal 128GB/256GB. Varian yang diuji detikINET sendiri mengusung konfigurasi 8GB/128GB. Realme 9 Pro Plus tidak memiliki slot microSD, tapi ponsel ini didukung fitur RAM expansion yang bisa menambah kapasitas RAM hingga 5GB.

Dengan spesifikasi seperti ini, Realme 9 Pro Plus menawarkan performa yang sangat baik untuk ponsel kelas menengah. Proses multitasking dan berpindah-pindah aplikasi dapat dilakukan dengan mulus tanpa lag.

Game PUBG Mobile juga bisa dimainkan dengan kualitas grafis rata kanan tanpa masalah. Saat memainkan Genshin Impact pun bisa menggunakan kualitas grafis Medium dengan frame rate 60 fps, meskipun frame rate-nya kadang drop.

Saat diuji menggunakan aplikasi benchmark, berikut skor yang dicatatkan oleh Realme 9 Pro Plus:

Hasil foto Realme 9 Pro+Hasil foto Realme 9 Pro+ Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Realme 9 Pro Plus dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterainya masih sama seperti Realme 8 Pro, tapi pengisian cepatnya ditingkatkan menjadi SuperDart 65W.

Daya tahan baterai ini cukup untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Dengan kapasitas tersebut, baterai Realme 9 Pro Plus bisa bertahan lebih dari satu setengah hari, bahkan setelah dipakai memainkan game selama hampir satu jam.

Charger SuperDart 65W yang disertakan dalam kotak kemasan juga bisa mengisi daya baterai dengan kilat. Dari 5% hingga penuh, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Selanjutnya Kamera

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT